Kabur dari Kamp Pidie, Masyarakat Amankan Sembilan Etnis Rohingya di Aceh Utara 

oleh -47 views
Sembilan Rohingya saat diamankan oleh masyarakat di Nibong, Aceh Utara.

LHOKSUKON (AD) Sembilan orang Imigran Etnis Rohingya ditemukan masyarakat berkeliaran dengan berjalan kaki di Gampong Ranto, Kecamatan Nibong, Aceh Utara pada Kamis malam (28/12/2023), 4 lelaki dan 5 perempuan itu lantas diamankan warga ke balai desa setempat.

Keberadaan sembilan etnis Rohingya itu lantas membuat Masyarakat setempat semakin ramai mendatangi lokasi dan menimbulkan kekisruhan dikalangan warga yang tidak menginginkan keberadaan imigran gelap itu di kampung mereka.

BACA..  Kasus Tabrakan Maut di Peukan Bada Ditangani Polisi

Kapolres Aceh Utara AKBP Deden Heksaputera S, S.I.K menyampaikan kesembilan orang etnis rohingya yang diamankan masyarakat itu semuanya ditemukan memakai gelang kuning UNHCR.

“Mereka kabur dari kamp pengungsian di wilayah Pidie, dari hasil penyelidikan kami mereka berencana akan pergi ke dumai,” ungkap AKBP Deden Heksaputera.

BACA..  Jembatan Gantung Beutong Ateuh Masih Diabaikan Oleh Pemerintah 

Ia menilai lemahnya pengawasan oleh pihak UNHCR yang bertanggung jawab terhadap imigran Rohingya. Menurutnya UNHCR ternyata tidak mampu mengelola dan mengawasi imigran Rohingya, sehingga mereka bisa kabur dan lari dari penampungan, sehingga sangat rawan menimbulkan terjadinya konflik.

BACA..  Kasus Tabrakan Maut di Peukan Bada Ditangani Polisi

“Saat ini kesembilan etnis rohingya ini sudah dibawa oleh warga dengan pengamanan oleh Polres Aceh Utara ke kamp penampungan awal mereka di pidie,” ungkap Kapolres AKBP Deden Heksaputera. (Sayed Panton).