Prediksi Australia vs Korea Selatan, Piala Asia 2 Februari 2024

oleh -17 Dilihat

ATJEHDAILY.ID – Prediksi Australia vs Korea Selatan, Untuk ketiga kalinya dalam empat edisi terakhir Piala Asia, Australia dan Korea Selatan akan berhadapan, kali ini di perempat final pada hari Jumat di Stadion Al Janoub.

Di babak 16 besar, Socceroos meraih kemenangan meyakinkan 4-0 atas Indonesia, sementara Korea menyamakan kedudukan dengan Arab Saudi, menjelang masa tambahan waktu, unggul 4-2 melalui adu penalti.

Sepanjang babak pembuka, Australia bertahan dengan pertahanan yang kompak, tajam dan tegas, namun pada pertemuan sebelumnya, mereka bangkit di lini serang.

Empat gol yang mereka cetak saat melawan Indonesia adalah jumlah yang sama dengan yang mereka cetak di fase grup, dan itu merupakan gol terbanyak kedua yang dicetak Socceroos di babak sistem gugur Piala Asia sejak menghancurkan Uzbekistan 6-0 di semifinal tahun 2011.

Pasukan Graham Arnold kini tidak terkalahkan dalam delapan pertandingan berturut-turut di semua kompetisi, mengungguli lawan mereka 20-1 dalam rentang waktu tersebut.

Bentrokan babak 16 besar mereka adalah pertandingan ke-50 bagi Arnold sebagai bos Socceroos, dan pria yang memenangkan dua gelar A-League sebagai manajer hanya menderita tujuh kekalahan gabungan dalam dua tugasnya sebagai pelatih tim nasional putra.

Sejak melakukan debut mereka di Piala Asia pada tahun 2011, Australia hanya kebobolan tiga gol secara gabungan di seluruh pertandingan sistem gugur mereka, tidak pernah kebobolan lebih dari satu gol dalam satu pertandingan di luar babak penyisihan grup.

Mereka belum pernah mengalahkan Korea Selatan sejak Piala Asia 2015, ketika mereka memenangkan final yang penuh drama dengan skor 2-1 melalui perpanjangan waktu di kandang sendiri, satu-satunya saat mereka mengangkat trofi ini.

Tim Korea Selatan yang gigih dan penuh tekad menunjukkan ketahanan luar biasa di babak 16 besar, mencetak gol di menit kesembilan waktu tambahan dan kemudian mempertahankan ketenangan mereka dari titik penalti.

Pasukan Jurgen Klinsmann harus melawan kerumunan partisan yang pro-Arab Saudi, namun pada akhirnya Korea mendapatkan apa yang pantas mereka dapatkan, melepaskan delapan upaya tepat sasaran dan akhirnya berhasil menerobos.

Jumat akan menjadi perjalanan kedua berturut-turut mereka ke perempat final kompetisi ini, dengan Taegeuk Warriors hanya menderita satu kekalahan sebelumnya pada tahap kompetisi ini, kalah 1-0 dari juara bertahan Qatar empat tahun lalu.

Empat dari enam gol mereka yang dicetak di Piala Asia tahun ini tercipta setelah menit ke-80, tiga di antaranya terjadi di masa tambahan waktu.

Macan Asia belum kebobolan dalam tujuh pertandingan berturut-turut menjelang dimulainya turnamen ini, namun mereka telah kebobolan tujuh kali dalam empat pertandingan Piala Asia mereka.

Mereka hanya kalah satu kali dari lima pertandingan kompetitif terakhir mereka melawan Socceroos, membukukan tiga clean sheet selama periode tersebut.

Gethin Jones dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan setelah mengalami cedera pangkal paha di babak 16 besar tetapi telah diizinkan untuk bermain di pertandingan perempat final Australia, Lewis Miller dan Thomas Deng diharapkan pulih dari penyakit mereka dan Mitchell Duke datang sebagai pemain pengganti setelah absen dalam pertemuan sebelumnya karena cedera hamstring.

Arnold membuat dua perubahan pada starting 11 dalam kemenangan KO mereka minggu ini, dengan Jones dan Bruno Fornaroli menggantikan Nathaniel Atkinson dan Kusini Yengi.

Gol bunuh diri Elkan Baggott membuat Socceroos unggul dibandingkan tim Indonesia, Martin Boyle mencetak gol keduanya di kompetisi ini, sementara Craig Goodwin mencetak gol ketiga mereka dan memberi assist pada gol keempat, yang diciptakan oleh Harry Souttar.

Klinsmann hanya melakukan satu perubahan pada starting 11 Korea versus Saudi, memasukkan Jung Seung-hyun untuk menggantikan Cho Gue-sung.

Son Heung-min mencatatkan penampilan ke-121 untuk Macan Asia pada pertandingan sebelumnya, dan pada hari Jumat ia mampu menyamakan kedudukan dengan Yoo Sang-chul untuk caps keenam terbanyak sepanjang masa, Jeong Woo-yeong kini mencatatkan 20 caps, sementara Kim Jin-su mencapai usia 70.

Gue-sung menyamakan kedudukan untuk Korea Selatan di akhir pertandingan babak 16 besar mereka, Jo Hyeon-woo menghentikan dua penalti Saudi dan Hwang Hee-chan mencetak gol kemenangan dari jarak 12 yard.(red)

Perkiraan Susunan Australia vs Korea Selatan

Australia : Ryan; Atkinson, Souttar, Rowles, Behich; Metcalfe, Irvine, Bos, Goodwin; McGree; Boyle

South Korea : Hyeon-woo; Seung-hyun, Min-jae, Young-gwon; Tae-hwan, Jae-sung, In-beom, Hyun-seok; Kang-in, Woo-yeong; Heung-min

Prediksi Skor Australia vs Korea Selatan: 1-2