Dari 11 Kelompok KKN Unimal Satu Kelompok Angkat Tentang KKN Covid-19

oleh -124 views
example banner

Lhokseumawe (AD) – Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di lingkungan Universitas Malikussaleh (Unimal) pada kesempatan kali ini dapat dilaksanakan dalam 11 kelompok KKN.

11 kelompok KKN tersebut adalah KKN Balik ke Kampung, KKN Program Kreativitas Mahasiswa, KKN Program Mahasiswa Magang Bersertifikat, KKN Program Mahasiswa Magang Kerjasama, KKN Perangkat Pemerintahan, KKN Pelaksanaan Tugas Umum Pemerintahan, KKN Penulisan Karya Pengabdian, KKN Ceramah Karya Pengabdian, KKN Produk Inovasi, KKN Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat, dan KKN Pencegahan Penyebaran Virus/Penyakit (Covid-19).
Namun untuk skema KKN PPM ditunda pelaksanaannya sampai kondisi kembali normal.

Hal tersebut dikatakan oleh ketua KKN 061 Jhony Pratama Surbakti lewat rilisnya pada media Atjehdayli.id, Sabtu (31/10).

BACA..  Gerakan Masker Aceh Menyasar Anak Sekolah

Jhony menambahkan kuliah kerja nyata merupakan salah satu syarat bagi mahasiswa untuk bisa lulus dari universitas.

Pelaksanaan kuliah kerja nyata dari unimal di buka secara serentak pada tanggal 20 Oktober 2020 dan berlangsung selama satu bulan, sebut Jhony.

Uniknya tambah Jhony, pada KKN kali ini ada kelompok yang mengangkat tentang KKN Covid-19 dan dimana mereka beranggota 7 orang mahasiswa dan mahasiswi dan mereka dari Fakultas Hukum Unimal yang berada di kelompok 061.

Dimana mereka turut meramaikan kuliah kerja nyata yang di adakan Univeristas Malikussaleh sebagai bagian dari perwujudan Tri Dharma perguruan tinggi, ujarnya Jhony.

Tambahnya, kelompok 061 yang beranggotakan Jhony Pratama Surbakti, Muhammad Fadli, Jefri Mulya, Maulana Azman Zuhri, Ema Sinlis Junita Br Sitepu, Suci Asrina dan Dara Wulan Dari melakukan pengabdian di desa Krueng Seunong kecamatan Kuta Makmur Kabupaten Aceh Utara.

BACA..  Kakanwil Kemenag Aceh Launching Madrasah Plus Ketrampilan, ini Yang Disampaikan

Kelompok 061 di bimbing oleh bapak Defi Irwansyah, S.T, M.Eng sebagai dosen pembimbing lapangan, sebutnya.

Lanjutnya, kedatangan kelompok 061 ke desa Krueng Seunong di sambut baik oleh warga setempat, dan pada hari pertama dimulai KKN kelompok 061 langsung bersilaturahmi dan bertegur sapa dengan aparatur desa dan warga desa Krueng Seunong.

Pada hari berikutnya kelompok KKN 061 melakukan kegiatan bersih-bersih di meunasah yang ada di desa tersebut dan kegiatan positif itu disambut dengan baik oleh warga sekitar.

BACA..  Gerakan Masker Aceh Menyasar Anak Sekolah

Warga desa Krueng Seunong mengapresiasi kegiatan positif tersebut dan warga juga berharap kegiatan positif itu tidak berhenti hanya disitu saja.

Setelah bersih-bersih kami juga mengelilingi desa Krueng seunong untuk melihat potensi apa saja yang dimiliki oleh desa ini, pungkasnya Jhony Pratama Surbakti.

Sementara itu, Defi Irwansyah selaku dosen pembimbing lapangan mengatakan kepada kelompok 061 sebagai mahasiswa kita harus bisa berguna bagi orang lain karena kita mempunyai tanggung jawab moral kepada masyarakat di sekitar kita.

Defi juga berharap agar kelompok 061 bisa berinteraksi dengan baik kepada masyarakat sekitar, serta membantu masyarakat dalam menangani wabah virus Covid-19 bersama satgas setempat, (Ayed).