Tuntut Realisasi MoU Helsinki, AMM Gelar Aksi Mogok Makan

oleh -151 views

Laporan | Ahmad Fadil

Banda Aceh (AD)- Tuntut realisasi butir-butir poin dalam MoU Helsinki,  Aneuk Muda Menggugat (AMM) menggelar aksi mogok makan di halaman Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Senin 30 November 2020.

example banner

Dalam aksinya tersebut, AMM menuntut para pihak dapat menuntaskan realisasi butir-butir MoU Helsinki.

“Sudah 15 tahun Aceh berdamai, pihaknya menilai, poin dalam MoU ini belum seluruhnya terealisasi dengan sempurna,” ungkap Koordinator aksi, Ichsan Kelda.

Berdasarkan hal tersebut, AMM bergerak menggelar aksi mogok makan untuk memberitahukan kepada pihak-pihak terkait agar lebih serius merealisasikan butir-butir MoU Helsinki.

BACA..  Panitia Penerimaan Calon SIPSS Polri Tandatangani Pakta Integritas

Masih menurut Ichsan, sudah 15 tahun rakyat Aceh menunggu realisasi MoU Helsinki, mau sampai kapan rakyat Aceh menunggu hingga MoU ini terealisasi.

“Pihaknya menuntut para pihak dapat menuntaskan realisasi MoU Helsinki ini,” tegas Ichsan.

Selain itu, kata Ichsan, selama ini pihaknya melihat, Pemerintah tidak serius dalam merealisasikan butir-butit MoU Helsinki yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

“Kedua belah pihak seharusnya duduk kembali untuk menuntaskan butir-butir yang tertuang dalam penandatanganan MoU Helsinki,” kata Ichsan.

BACA..  Ini Profesi Kelima Terduga Teroris Yang Diamankan di Aceh

Aksi yang AMM gelar ini, tidak hanya untuk menuntut itu saja, pihaknya juga meminta pemerintah dapat lebih memperhatikan nasib masyarakat korban konflik, fakir miskin, eks kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM), dan masyarakat ekonomi kebawah.

“Jika pemerintah serius, kenapa Aceh hari ini termiskin,” tutup Ichsan Kelda.

Sementara itu, Ketua DPRA Dahlan Jamaluddin mengatakan, DPRA menyambut baik kedatangan peserta aksi ini.

BACA..  Ini Profesi Kelima Terduga Teroris Yang Diamankan di Aceh

“Kami menghargai kedatangan peserta aksi dalam upaya menjaga dan merawat perdamaian Aceh, dan pihaknya akan duduk kembali untuk mengembalikan butir-butir MoU Helsinki,” kata Dahlan.

“Saran yang AMM sampaikan, akan kami tampung dan akan di diskusikan bersama anggota dan Fraksi yang ada, terkait 15 tahun perdamaian,” tutup Ketua DPR Aceh.

Hadir menyambut peserta aksi ini, Ketua DPRA, Dahlan Jamaluddin, Anggota Komisi V DPRA, Tarmizi, SP, Teungku Yunus, dan Tarmizi Panyang. (*)