Kakanwil Kemenag Aceh Launching Madrasah Plus Ketrampilan, ini Yang Disampaikan

oleh -186 views

Laporan | Sayed

Aceh Utara  (AD) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Aceh Dr H Iqbal,MA dan Wakil Bupati (Wabup) Aceh Utara Fauzi Yusuf Launching Madrasah Plus Ketrampilan dan Pembukaan Expo Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Aceh Utara, Senin 30 November 2020.

example banner

Diacara launching dan expo tersebut turut hadir, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, Wabup Aceh Utara, Rektor IAIN Lhokseumawe, Wakil Ketua DPRK Aceh Utara, Kepala Dinas Cabang Pendidikan Aceh Kabupaten Aceh Utara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara, Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara.

Selanjutanya, Ketua MPD Aceh Utara, Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Aceh Utara, Abu/Tgk Alim Ulama dan Pimpinan Dayah/Balai Pengajian, Camat dan unsur Muspika Kecamatan Tanah Jambo Aye, Para Kepala Madrasah se-kabupaten Aceh Utara, Para Kepala SD, SMP, SMA dan SMK dalam Kecamatan Tanah Jambo Aye, Dewan Guru MAN 1 Aceh Utara, dan para tamu undangan lainnya.

BACA..  Mahasiswa : Merugikan Masyarakat, Dugaan Proyek Fiktif 4,9 Milyar Harus di Usut Tuntas Oleh Kejari Lhokseumawe

Dalam kata sambutannya Kanwil Kemenag Provinsi Aceh Dr H Iqbal,MA menyampaikan pada tahun 2020 Pemerintah Kementerian Agama Republik Indonesia memberikan dan menobatkan Madrasah Aliyah di Provinsi Aceh untuk melaksanakan program Ketrampilan.

Pada tahun 2020 ada beberapa Madrasah Aliyah di Aceh yang melaksanakan program Ketrampilan diantaranya MAN 1 Langsa, MAN 1 Aceh Utara, dan MAN 3 Kota Banda Aceh, Madrasah ini beberapa waktu yang lalu sudah kita launching, dan kemudian MAS Seunuddon Aceh Utara, kata Kakanwil Kemenag Aceh.

“Pada hari ini kita launching MAN 1 Aceh Utara untuk program ketrampilan, dan ini luar biasa dimana Aceh Utara tahun pertama dibuka program ketrampilan sekaligus mendapatkan dua yang pertama MAN 1 Aceh Utara dan kedua MAS Seunuddon yang menjalankan program ketrampilan di tahun 2020,” sebut Dr Iqbal.

Dirinya menambahkan, peraturan Kanwil Kemenag Aceh untuk kedepan setiap Kabupaten/Kota minimal harus ada satu Madrasah ketrampilan dan pihaknya turut berupaya, “insyaallah tahun berikutnya setiap Kabupaten/Kota bisa hadir Madrasah ketrampilan,” ujarnya.

BACA..  Mahasiswa : Merugikan Masyarakat, Dugaan Proyek Fiktif 4,9 Milyar Harus di Usut Tuntas Oleh Kejari Lhokseumawe

Dalam sambutannya juga Dr Iqbal menyampaikan dari hasil koordinasi dengan kepala kantor kemenag Aceh Utara H Salamina,MA sewaktu melihat gedung MAN 1 Aceh Utara ini dirinya mengatakan kalau bisa gedung yang sudah lama ini kita usulkan penghapusan, sehingga dengan penghapusan tersebut kita bisa usulkan gedung baru melalui SBSN.

“Apalagi inikan MAN 1,MAN 1 yang banyak diminati oleh masyarakat untuk menyekolahkan anak anaknya disini, makanya harus juga kita barengi dengan fasilitas ruang belajar yang lebih bagus,” sebutnya dengan dibarengi tepuk tangan oleh tamu yang hadir.

Dirinya menyampaikan jangan lihat fisiknya, lihatlah pembelajarannya artinya di MAN ini ada dua pendidikan yang pertama pendidikan umum dan kedua pendidikan agama apalagi ada pendidikan ketrampilan yang lainnya, jadi semakin diminati oleh masyarakat.

Jadi program kita kedepan dengan program SBSN, apalagi sekolah sekolah unggulan yang hari ini banyak sekolah madrasah yang tidak layak lagi dengan kondisi bangunannya, kita berusaha akan mengusulkan dan membangun gedung yang layak dan bagus melalui program SBSN.

BACA..  Mahasiswa : Merugikan Masyarakat, Dugaan Proyek Fiktif 4,9 Milyar Harus di Usut Tuntas Oleh Kejari Lhokseumawe

Dirinya juga meminta kepada Bupati Aceh Utara yang diwakili oleh Wabup Fauzi Yusuf agar bisa membantu sekolah madrasah terkait persoalan tanah wakaf agar tanah wakaf tersebut bisa dimiliki oleh kementerian agama supaya apa yang dibutuhkan oleh sekolah madrasah bisa terealisasi dengan mudah.

Kakanwil Kemenag Aceh berpesan agar siswa yang sudah menuntut ilmu di madrasah ini harus dibekali dengan imtaq dan iptek agar  lulusan di madrasah ini lebih dipercaya oleh masyarakat.

Dirinya juga mengharapkan kepada siswa, dewan guru, dan kepala madrasah agar bimbinglah siswa/i ini turus belajar dan belajar.

Pantauan media ini diacara launching tersebut juga Kakanwil Kemenag Aceh dan Wabup Aceh Utara membuka acara expo (pameran) ketrampilan siswa/i MAN 1 Aceh Utara. Expo yang ditampilkan oleh siswa diantaranya Tajhiz Mayit, Tata Busana, Prakarya dan Kewirausahaan, Tata Boga, Otomotif, Pengelasan, Instalasi listrik, dan Bisnis dan Pemasaran.(*).