banner 700250

Jika AFC Cup 2020 Batal, Timnas Indonesia U19 TC ke Spanyol

oleh -182 views

ATJEHDAILY- Rencana cadangan telah disiapkan PSSI apabila Piala Asia U19 tahun ini batal digelar. Andai kemungkinan itu yang terjadi, anak asuh Shin Tae Yong akan melanjutkan TC (training centre atau pemusatan latihan) di Eropa dengan ada tiga opsi negara.

Piala Asia U19 rencananya akan digelar di Uzbekistan pada bulan Oktober mendatang. Namun segala sesuatunya masih belum pasti karena kondisi yang belum bagus lantaran pandemi COVID-19. Artinya, ada peluang Piala Asia U19 nantinya akan bernasib sama seperti Piala Eropa 2020 atau Olimpiade 2020 yang harus digeser ke tahun berikutnya.

Tak hanya Piala Asia U19, tapi dua turnamen lain juga terancam eksistensinya tahun ini. Hal itu bisa dibaca setelah adanya surat dari AFC kepada negara penyelenggara bahwa ada kemungkinan Piala Asia U19, Piala Asia U16, dan Piala Asia Futsal ditunda.

BACA..  Prediksi Pertandingan Liga Champions: Atalanta vs Ajax Amsterdam

Di sisi lain, Timnas U19 telah memantapkan skuadnya untuk bertarung di ajang tersebut. Para pemain terpilih sudah melalui seleksi ketat dari Shin dan para stafnya. Bahkan, dalam waktu dekat Beckham Putra dan kawan-kawan akan terbang ke Kroasia untuk menjalani TC.

Di Kroasia, Timnas U19 tak hanya melakoni latihan. Mereka juga dijadwalkan melakoni uji coba melawan Kroasia, Bulgaria, dan Arab Saudi. Rencananya setelah itu, rombongan akan langsung berangkat ke Uzbekistan guna menjalani Piala Asia U19.

BACA..  Prediksi Pertandingan Liga Inggris: Arsenal vs Leicester City

“Seandainya Piala Asia U-19 benar-benar dibatalkan, mereka (para pemain timnas U-19) akan TC kembali, kalau tidak di Turki, Spanyol, atau Portugal,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan setelah menyaksikan latihan timnas U-19 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (28/8/2020) sebagaimana dikutip dari Antara.

Timnas Indonesia U19 lolos ke Piala Asia U19 setelah menjadi juara di kualifikasi Grup K pada November 2019 lalu. Saat itu Indonesia bisa menyingkirkan Korea Utara, Hong Kong, dan Timor Leste. Hong Kong dikalahkan 0-4, Timor Leste ditumbangkan dengan skor 3-1, sedangkan ketika bersua Korea Utara hasilnya adalah imbang 1-1.

Di Piala Asia U19 nanti Indonesia akan tergabung di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan. Dua tim lain yang tak kalah tangguhnya adalah Iran dan Kamboja.

Indonesia dijadwalkan akan memulai aksinya pada 14 Oktober melawan Kamboja di Stadion Bunyodkor di Kota Tashkent. Tiga hari kemudian di tempat yang sama, giliran Iran yang menjadi lawan. Sedangkan partai terakhir kontra tuan rumah akan dimainkan pada 20 Oktober di Stadion Bunyodkor juga.

Kesempatan ini tentu harus dimanfaatkan dengan baik oleh skuad Timnas. Setidaknya untuk memperbaiki prestasi di Piala Asia U19 sebelumnya yakni tahun 2018. Kala itu Indonesia disingkirkan Jepang 2-0 di babak perempat final melalui gol Shunki Higashi dan Taisei Miyashiro.(red)