BPKS Raih WTP dari BPK-RI

oleh -123 views

SABANG, AP-Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), Senin, 29 Mei 2017 kemarin meraih perdikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pemerikasaan keuangan tahun 2016 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara Tahun 2016.

Penyerahan laporan hasil pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan BPKS diserahkan Oleh Anggota V BPK RI Pusat, Ir. Isma Yatun, MT yang diterima oleh Kepala BPKS, Fauzi Husin di ruang rapat BPK RI di Jakarta, kemarin.

Penyerahan LHP tersebut turut disaksikan oleh unsur Manajemen BPKS yakni, Wakil Kepala BPKS, Irwan Faisal dan para Deputi BPKS.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BPKS, Fauzi Husin mengatakan, apa yang telah diraih oleh BPKS terhadap hasil LHP BPK-RI ini berkat kerja bersama dan kemauan yg kuat khusus nya dari semua jajaran BPKS.

BACA..  Bupati Bener Meriah Tinjau Pembangunan BMCC, Terima Kasih Pak Gubernur

” Khususnya dibagian pendataan Aset dan kelola keuangan, ini awal baik yang harus terus dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya,” ujar kepala BPKS, Senin (29/5) kemarin usai menerima LHP di Jakarta.

Dirinya juga secara kelembagaan mengucapkan terima kasih kepada Manajemen BPKS yang dengan sungguh-sungguh memperbaiki dan mengawasi kinerja BPKS sehingga apa yang dicita-citakan berbuah hasil dengan opini dari BPK yakni Wajar Tanpa Pengecualian, WTP.

Capaian opini WTP ini adalah bagian dari target penguatan Lembaga yang dilakukan tim manajemen BPKS dibawah kepemimpinan Fauzi Husin dalam 4 tahun terakhir ini.

” Selamat untuk semua unsur di BPKS yang sudah memberikan kontribusi selama ini.

Mari terus ber kinerja, tidak terlena dengan capaian hari ini. mempertahankan lebih sulit dari mendapatkan.

Masih banyak PR yang harus disempurnakan,” pesan Fauzi Husin yang selama ini memimpin Lembaga Negara yang dananya bersumber dari APBN.

Anggota V BPK RI, Isma Yatun juga menyampaikan, pemeriksaan yang dilakukan BPK tidak semata mata dilihat dari banyaknya temuan, BPK terus berupaya mendorong agar tata kelola keuangan yang lebih baik dan dapat meningkatkan kualitas pertanggung jawaban keuangan negara. (*)
================================
Sekilas Tentang BPKS

Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang merupakan Lembaga Negara, berdiri sejak tahun 2000 sesuai dengan amanah UU No 37 Tahun 2000 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Penganti UU Nomor 2 Tahun 2000 Tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang menjadi undang-undang.

BACA..  Bupati Bener Meriah Tinjau Pembangunan BMCC, Terima Kasih Pak Gubernur

Visi:
“Mengembangkan Kawasan Sabang sebagai Pusat Utama Pelayanan Perdagangan Dunia”

Misi:
Untuk mewujudkan visi di atas, maka dirumuskan misi BPKS sebagai berikut:
1. Mengembangkan pelayanan pelabuhan untuk kapal-kapal generasi yang akan datang.
2. Mengembangkan pelayanan industry dan perdagangan skala global.
3. Mengembangkan pelayanan kelas dunia bagi basis operasi kapal cruise Internasional.
4. Mengembangkan industry perikanan modern yang bersinergi dengan pengembangan sumberdaya perikananan nasional.
5. Mengembangkan kelembagaan pengusahaan dan infrastruktur kawasan yang bertaraf internasional.