Di Baktiya, 53 Desa Belum Realisasi Pertanggungjawaban Dana Desa Tahap II 2017

oleh -77 views

Aceh Utara (ADC) – Dari 57 desa yang ada di Kecamatan Baktiya, Kabupaten Aceh Utara, hanya empat desa yang baru merealisasi pertanggung jawaban dana desa tahap II 2017, sementara 53 desa lainnya belum terealisasi pertanggung jawabannya.

Seperti dijelaskan Camat Baktiya melalui kasi PMD Burhanuddin SPT, kepada AtjehDaily Senin (29/01/18). Menurut Camat Tarmizi dana yang bersumber dari APBN yang telah terealisasi seperti desa Lhok Seutuy, Alue Bili Glumpang, Menje Peut, dan Buket Bata.

Ditambahkan, berdasarkan surat edaran Pemerintah Aceh Utara yang ditanda tangani Sekretaris Daerah Nomor.412.25/44, paling tidak tanggal 31 Januari 2018 sudah dapat dipertanggung jawabkan.

Dimana lanjut Burhanuddin, desa – desa yang belum merealisasikan pertanggung jawaban dana desa tahap II tahun 2017, segera mungkin untuk membuat laporannya agar, setiap dana yang telah digunakan harus dipertanggung jawabkan baik kegiatan fisik maupun dokumen administrasi.

“Sebagai bukti pertanggung jawaban sesuai ketentuan, baik yang ditetapkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah Kabupaten, pihak pengguna dana desa harus membuktikan mampu dan sanggup mempertanggung jawabkan”. imbuhnya.

Selain itu, sebutnya kelengkapan dokumen administrasi laporan realisasi APB Gampong nantinya akan dijadikan sebagai salah satu persyaratan utk pencairan dana desa kedepannya. Masing- masing desa juga diwajibkan, membuat dan menyampaikan laporan pertanggung jawaban atau LPJ penggunaan dana desa DD dan ADG tahun 2017.

BACA..  Pemerintah Kota Sabang Apresiasi Kodim 0112/Sabang

Oleh karena itu diminta kepada para geuchik di Kecamatan Baktiya, untuk tidak mengabaikan permintaan pengajuan dokumen administrasi agar segera dipenuhi, karena mengingat waktu beberpa hari lagi sehingga nanti tidak menjadi hambatan untuk pencairan.Pungkasnya.(Sayed F).