Tahun Baru, Kapolres Sabang Terima Kunjungan Rombongan FPI

oleh -90 views
Sabang (Atjeh Daily) – Pada penyambutan malam tahun 2018 Minggu (31/12/17), Kapolres Sabang AKBP Slamet Wahyudi S.IK,MH, menerima kunjungan rombongan organisasi islam Jama’ah Aswaja,ah dan Front Pembela Islam (FPI) di Mapolres setempat. rombongan  Ormas Islam tersebut  dipimpin Ketua Jama’ah Aswaja’ah Kota Sabang, Tgk. H. Nazaruddin. S.Pd.I, beserta rombongan Jama’ah Aswaja’ah Kota Banda Aceh dan Aceh Besar  

Dalam penyambutan tamu Ormas Islam tersebut ikut dihadiri  Wakapolres Kompol M. Nuzir, Kabag Ops Kompol M. Dahlan, Kasat Reskrim, Kasat Intelkam, KBO Intelkam serta Dan Ramil Sukajaya, rombongan Jama’ah Ahlul Sunnah Wal jama’ah (Aswaja’ah) Kota Sabang, Aceh Besar, dan Banda Aceh, berkumpul di Sabang dalam rangka zikir akhir tahun di Sabang.  

Rombongan Jama’ah Aswaja’ah antara lain Ketua Aswaja’ah Sabang Tgk. H. Nazaruddin S.Pd.I, pimpinan Dayah Sira Zulmunir Cot Abeuk Kota Sabang, Tgk. Nir Yazir pimpinan Dayah Raudhatul Jannah Keunekai Sabang, Tgk. Ramli AR pimpinan Dayah Raudhatul Hijrah Cot Damar Sabang, Tgk.Irvandi Guru MIN Gampong Anoi Itam Sabang, Tgk. Abd. Wahid pimpinan Dayah Nurul A’la Kecamatan Lhok Nga Aceh Besar, Tgk. Zainuddin Ubit Imam Besar Mesjid Syah Kuala Banda Aceh, Tgk. Abu Jalaluddin dan Tgk. Rizki pimpinan Dayah Nurul A’la Kecamatan Lhok Nga Aceh Besar.

BACA..  Semua Fraksi Terima, LPJ Nova Iriansyah Berjalan Lancar

Pada pertemuan tersebut Kapolres AKBP Slamet Wahyudi,S.IK,MH, mengatakan, kegiatan Dzikir yang dilaksanakan itu merupakan acara rutinitas yang dilakukan Jama’ah Aswaja’ah setiap bulan terutama pada minggu pertama, kegiatan kegamaan tersebut termasuk keagamaan yang baik. Pun begitu, diharapkan setiap pelaksanaan kiranya , dapat berkoordinasi dengan pihak Polres Sabang.

Karena, kegiatan yang melibat banyak orang harus diketahui pihak kepolisian setempat,  sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku. Sehingga, dalam pelaksanaannya tidak meyalahi aturan serta dapat bekerjasama dengan Polres, apabila ada kendalam dilapangan maupun dipuncak acara.

Salah satunya meyangkut rencana Jama’ah Aswaja’ah, yang hendak menertibkan Instruksi Walikota Sabang tentang tidak diperbolehkan melakukan kegiatan yang bersifat penyambutan tahun, baik itu di hotel-hotel maupun penginapan serta ditempat umum. Dalam hal menjaga kenyamanan, keamanan termasuk pelarangan pemerintah daerah hal tersebut, merupakan tanggung jawab Kepolisian dalam hal ini Polres Sabang.,  .

BACA..  Semua Fraksi Terima, LPJ Nova Iriansyah Berjalan Lancar

“Pada prinsipnya kami sangat berterimakasih atas partisipasi dan kepedulian dari Jama’ah Aswaja’ah terhadap perkembangan masyarakat menyangkut larangan pemerintah daerah tentang kegiatan penyambutan tahun baru, sesuai Qanun dan Syariat Islam yang diberlakukan din provinsi Aceh. Pun demikian,  apabila Jama’ah Aswaja’ah terjun langsung untuk memantau kegiatan penyambutan tahun baru, dengan berpatroliu serta berorasi, itu merupakan kegitan melanggaran hukum, maka percayalah kepada Kepolisian sebagai lembaga penegak hukum”, kata AKBP Slamet Wahyudi.

Seperti diketahui bahwa pulau Sabang merupakan kawasan tujuan wisata yang sangat padat saat di provinsi Aceh, sehingga setiap libur panjang terutama pada penggantian tahun selalu ramai wisatawan yang ingin berlibur di Sabang, maka tidak heran saat seperti ini hotel, penginapan dan home stay termasuk kendaraan roda dua dan empat habis terpakai pengunjung.

Kemudian, sebelumnya setiap penggantian tahun khususnya ketika malam tahun baru kerap dilakukan keramaian dengan membakar kembang api dan mercon. Namun, setelah ada pelarangan dari pemerintah dengan tidak diperbolehkan merayakan penyambutan tahun baru dengan acara hura-hura, sejumlah Ormas Islam pun ikut memantau.

BACA..  Semua Fraksi Terima, LPJ Nova Iriansyah Berjalan Lancar

Awalnya saat melihat ada sejumlah truk yang berisi orang berpakai putih dan bersorban itu, masyarakat mengira ada kegiatan dari pihak Front Pembela Islam (FPI), yang hendak melakukan tugas pada malam penyambutan tahun baru 2018. Tetapi, setelah masyarakat tahu bahwa kehadiran Ormas dari Jama’ah Aswaja’ah dan FPI hanya untuk Dzikir serta selaturahmi ke Polres Sabang masyarakat pun mengucapkan terima kasih yang tak terhingga.

Seperti yang terlihat pada malam penyembutan malam tahun  baru 2018, ada sejumlah truk anggota Ormas yang melintas di seputar kota Sabang dan kawasan wisata Sabang Fair. Kehadiran Ormas tersebut bukan untuk merazia kegiatan masyarakat tetapi, dalam rangka Dzikir akhir tahun pada minggu pertama sekaligus bersilaturahmi ke Mapolres Sabang.(Jalal).

Keterangan Foto :

Rombongan Jama’ah Aswaja’ah/FPI sedang berbincang-bincang dengan Kapolres Sabang yang ikut dihadiri para perwira dan Danramil 02/Sukakarya.(foto Jalal)