Sebanyak 1165 Orang Ikut Kirab dan Pawai Sail Sabang 2017

oleh -102 views

Sabang (ADC) — Ada 1165 orang dari berbagai daerah mengikuti kirab dan pawai budaya dalam rangka memeriahkan Sail Sabang 2017.

Pelaksanaan Kirab dan pawai budaya dilepas Walikota Sabang Nazaruddin bersama unsur Muspida tersebut dimulai di Lapangan Yos Sudarso dan berakhir di lokasi wisata Sabang Fair Rabu (29/11/17), menjadi pergelaran yang ditunggu-tunggu masyarakat.

Dari amatan media ini pelaksanaan kirab dan pawai budaya kali ini menjadi sejarah terbesar buat kota Sabang. Terlihat puluhan ribu masyarakat bersama para wisatawan antusias berbaur menyaksikan kegiatan parade tersebut.
Tampak disepanjang jalan rute yang dilalui para peserta kirab dan pawai budaya penuh sesak disaksikan ribuan masyarakat.

Masyarakat yang menghadiri kegiatan terdebut perhatiannya tertuju ketika unit Marching Band AAL KRI Bima Suci dan Dewa Ruci meriahkan kirab budaya dan pawai budaya Kota Sabang (Night Carnival).
Acara diawali tarian nusantara siswa-siswi ekspedisi nusantara jaya. Dilanjutkan display GS Gita Jala Taruna Kadet AAL KRI Bima Suci dan KRI Dewa Ruci dan melakukan kirab budaya dan pawai.

Peserta kirab terdiri dari tiga group yaitu group A terdiri dari Marching Band Taruna AL, pasukan Paskibraka Sabang, exibition SMA N 2 Sabang, SDN 3 dan SMP N 3 Sabang. Group B terdiri unit masching band BP2IP, SMK Neg 1 Sabang dan SD Pertiwi Sabang. Group C terdiri Marching band Handayani, SMP Neg 5, SdN 1, SMA Neg 1 dan pramuka.

Didampingi Kadisbudpar Aceh Reza Fahlevi, Komandan Lanal Sabang, Kolonel Laut (P) Kicky Salvachdie mengatakan, kegiatan Sail Sabang 2017 ini merupakan event kegiatan terbesar dan sangat meriah.

Mumen event wisata bahari Sail Sabang ini, semoga Sabang khususnya dan Aceh pada umumnya akan terus dikenal dunia. Sehingga wisatawan dan investor akan terus berdatangan ke Aceh.

“Diharapkan dengan even ini akan membawa suatu dampak positif bagi wisata bahari kita dan wisata lainnya di Aceh. Even besar ini jangan kita sia-siakan, harus ada sesuatu manfaat yang diperik untuk menarik minat wisatawana dalam dan lua negeri ke Sabang, Aceh,” harapnya.

Sesuai jadwal Sail Sabang 2017, akan berlangsung sejak tanggal 28 November hingga 5 Desember 2017. Puncak acara tersebut akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 2 Desember 2017 di Pelabuhan CT-3 BPKS Sabang.

Sail Sabang 2017 sengaja digelar oleh pemerintah yang bertujuan untuk mempromosikan Sabang khususnya Aceh pada umumnya sebagai Destinasi Wisata Bahari dunia.

Terutama untuk kegiatan wisata menyelam, Snorkeling dan trekking dengan suguhan panorama tropis, tetapi juga untuk memberikan kesempatan untuk Pemerintah Sabang dan Aceh untuk terus berbenah.

Sejumlah acara menarik akan terus digelar dan menyusul selanjunya adalah seminar sains dan pameran, Aceh budaya, parachuting, Sabang Wonderful dan Marine Expo, Airobatic show, fun dive, lomba memancing, Sabang Bazaar dan sejumlah pergelaran menarik lainnya.

“Pelaksanaan Sail Sabang ini, didesain secara profesional dengan melibatkan komunitas di daerah, tidak hanya untuk menarik dan menghibur semua pengunjung, tetapi juga untuk menciptakan Sail Sabang 2017 terlihat lebih berbeda dari sail-sail sebelumnya,” kata Kadisbudpar Provinsi Aceh Reza Fahlevi. (jalal)