Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Mahasiswa STIS Ummul Ayman Serahkan L-KPM Keuchik Blang Awe

oleh

Pidie Jaya (AD) Sebanyak 4 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Ummul Ayman (STIS-UA) Pidie Jaya akan mengikuti Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) tahun 2021 yang akan berlangsung pada 21 Juni – 09 Agustus 2021 di Desa Blang Awe Kecamatan Meurdue, Kabupaten Pidie Jaya.

Mewakili Rektor bidang Akademik Kelembagaan STIS Ummul Ayman Pidie Jaya, Tgk Syekh Khaliludin, MA, saat melepaskan keberangkatan peserta, Kamis (24/06/2021) mengatakan, KPM tematik tahun 2021 tersebut mengusung tema Moderasi Mahasiswa Dalam Meningkatkan Kemakmuran Mesjid.

“KPM tematik tersebut akan berlangsung selama 50 hari diikuti oleh seluruh Mahasiswa STIS Ummul Ayman yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) STIS Ummul Ayman”.

Pada kesempatan tersebut, mahasiswa yang beruntung untuk memiliki kesempatan KPM tersebut, antara lain : Syahrul Maulana Mansur(2017), Ulfiat Risky(2017), Fakhrul Rizal(2017), dan Muhammad Akbar Maulana(2017). Salah satu dari mahasiswa yang berkesempatan untuk KPM tersebut menuturkan bahwa banyak hal yang dia dapatkan selama KPM 50 hari tersebut.

Syahrul Maulana Ketua Kelompok KPM tersebut menambahkan, KPM tersebut pada intinya memberikan pemahaman kepada mahasiswa terkait dengan pemahaman moderasi antar ummat dalam kehidupan sosial untuk menciptakan persatuan, kemajemukan serta kebinekaan di Indonesia.

BACA..  Kapolsek Kota Kualasimpang Bagi Sembako Kepada Warga

Untuk itu, syahrul maulana selaku peserta KPM menegaskan bahwa KPM ini adalah salah satu dari poin tri darma perguruan tinggi tentang pengabdian kepada masyarakat, maka KPM tematik ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa mengaplikasikan ilmunya bersama masyarakat.

Dosen Supervisior Tgk. Khaled, S.sos juga berpesan kepada mahasiswa agar menjaga nama baik lembaga serta sikap dalam bermasyarakat, mari junjung tinggi nama baik lembaga dan berilah yang terbaik dari apa yang dimiliki masing-masing peserta. Sebaliknya pelajarilah apa yang terbaik ditempat pengabdian untuk dapat diterapkan di Desa-desa yang ada di Aceh nantinya.

BACA..  Ini Kata Dandim 0117 Aceh Tamiang; Tidak Ada Toleransi Bagi Prajurit TNI yang Terlibat Judi

“Yang terpenting adalah di mana bumi dipijak, di sana langit dijunjung, adat istiadat tentu berbeda maka pelajarilah kebiasaan masyarakat setempat serta pintar-pintar lah membawa diri dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar,” pesan Tgk Khaled, S.Sos.

Dia menyebutkan, untuk KPM Tematik tahun 2021 ini STIS Ummul Ayman mengirim 4 mahasiswa hasil seleksi masing-masing fakultas Hukum Ekonomi Syariah Dan Hukum Keluarga Islam di lingkungan STIS Ummul Ayman.

Seperti dalam sabda Rasulullah SAW “Barang siapa menempuh satu jalan (cara) untuk mendapatkan ilmu, maka Allah pasti mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim)

Kontributor: Syahrul Maulana Mansur