Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Imigrasi Sabang Sosialisasikan Permenkumham Tentang Pembatasan WNA

oleh

Sabang (AD)  Imigrasi Kelas II TPI Sabang melaksanakan pemantauan terhadap Orang Asing (OA), sebagai bentuk realisasi dari Permenkumham RI No.27 Tahun 2021 tentang Pembatasan Orang Asing Masuk ke Wilayah Indonesia Dalam Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

“Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sabang sangat mendukung dalam pelaksanaan kebijakan yang tertuang pada Permenkumham No.27 Tahun 2021, dimana dengan jelas menyebutkan pelarangan masuk bagi WNA atau TKA ke wilayah Negara Indonesia untuk saat ini.” demikian dikatakan Kepala kantor Imigrasi Hanton Hazali, Rabu (28/07/2021).

Namun lanjut Hanton, terdapat pengecualian sesuai Permenkumham RI No.27 Tahun 2021 pada Pasal (2) Ayat (3) menyebutkan untuk WNA yang diperbolehkan masuk ialah :

a. Orang Asing pemegang Visa diplomatik dan Visa dinas.

b. Orang Asing pemegang Izin Tinggal diplomatik dan Izin Tinggal dinas.

c. Orang Asing pemegang Izin Tinggal terbatas dan Izin Tinggal tetap.

d. Orang Asing dengan tujuan kesehatan dan kemanusiaan.

e. Awak alat angkut yang datang dengan alat angkutnya.

“Orang Asing sebagaimana yang dimaksud di atas dapat masuk wilayah Indonesia, setelah memenuhi protokol kesehatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, serta pengecualian terhadap Orang Asing dengan tujuan kesehatan dan kemanusiaan sebagaimana maksud pada huruf d di atas diberikan setelah mendapat rekomendasi dari kementerian/lembaga yang menyelenggarakan fungsi penanganan Covid-19,” terangnya.

BACA..  Satgas TMMD Kodim 0103/ Aceh Utara Bersama Warga Percepat Pengecatan Dua Mushalla

Di samping itu, Hanton juga mengungkapkan dengan kondisi seperti ini semua negara juga memiliki kebijakan untuk membatasi setiap WNA masuk ke wilayahnya, hal tersebut secara tidak langsung juga berdampak kepada penurunan permohonan paspor RI secara drastis selama masa pandemi ini.

“Karena pandemi ini intensitas penerbitan paspor, izin tinggal dan hal-hal lain terkait keimigrasian sangat menurun siginifikan dibanding sebelum pandemi,” pungkasnya.

Kita berharap ucap Hanton, semoga Pandemi Covid-19 ini bisa cepat berlalu dan teratasi, oleh karena itu kita juga meminta seluruh pihak untuk dapat bekerjasama dengan baik dalam mematuhi dan mengikuti instruksi pemerintah yang diatur dalam pelaksanaan kebijakan PPKM ini demi penekanan lonjakan kasus Covid-19.

BACA..  Satgas TMMD Kejar Target Pengerjaan RTLH

Meski dalam kurun waktu setahun kebelakang ini Indonesia dilanda dengan situasi pandemi Covid-19, namun Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sabang tetap mampu menunjukan kinerja maksimal. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil statistik Laporan Harian Intelijen (LHI) Inteldakim Imigrasi Sabang berada pada peringkat terbaik 1 untuk tingkat UPT Imigrasi Se-Aceh.

Apresiasi dan pengumuman ini disampaikan langsung oleh Kepala Divisi Keimigrasian (Kadiv Im) Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh, Sjahril S.Sos., disela-sela kunjungannya ke Kantor Imigrasi Sabang dalam rangka Bindalwasnis Keimigrasian, Kamis (22/7) lalu., jelasnya. (Jalaluddin Zky).