Kejaksaan Negeri Abdya Eksekusi Terdakwa Korupsi Jetty Rubek

oleh -93 views
Kasi Pidsus Kejari Abdya, Riki Guswandri,SH

Abdya (ADC) – Kejaksaan Negeri Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) telah melaksanakan eksekusi terhadap M. Nasir Tgk. Andib Bin Andib terdakwa kasus tindak pidana korupsi pada proyek jetty, tanggul batu gajah penahan ombak di Desa Rubek Meupayong, Kecamatan Susoh, Kabupaten setempat.

Kajari Abdya,Abdur Kadir,SH,MH melalui Kasi Pidsus Riki Guswandri,SH menjeleskan, eksekusi terhadap terdakwa dilakukan pada Senin (27/5/2019) kemarin, berdasarkan surat perintah Kepala Kejari Abdya, Nomor Print-287/I.1.28/Fd.3/05/2019.

“Atas perintah itu kita telah melaksanakan amar putusan pengadilan tindak pidana korupsi pada pengadilan negeri kelas IA Banda Aceh Nomor 1/Pid.Sus-TPK/2019/PN-Bna tertanggal 9 Mei 2019,” jelas Riki kepada media ini, Rabu (29/5/2019).

Lebih lanjut disebutkan Riki, terdakwa M. Nasir Tkg. Andib Bin Andib berbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dakwaan primer penuntut umum.

“Terdakwa dijatuhi hukuman penjara selama 4 tahun dan denda sebesar Rp200 juta rupiah dengan ketentuan bila denda tidak dibayar maka akan diganti dengan kurungan selama 6 bulan,” sebut Riki.

Selain menjatuhkan hukuman, lanjut Riki, pengadilan juga menghukum terdakwa dengan harus membayar uang pengganti sejumlah Rp386.600.909,09 (tiga ratus delapan puluh lima juta enam ratus ribu sembilan ratus Sembilan koma kosong Sembilan rupiah).

“Uang pengganti ini harus dibayarkan satu bulan setelah keputusan ini, jika tidak membayar maka harta bendanya disita dan dilelang oleh jaksa untuk mengganti uang pengganti tersebut dengan ketentuan bila terdakwa tidak memiliki harta dengan jumlah tersebut maka akan dipenjara selama dua bulan,” terang Riki.

BACA..  ACT dan MRI Ajak Komunitas Kolaborasi Peduli Korban Erupsi Semeru

Pada kesempatan itu, Riki menyebutkan, terdakwa saat ini telah dimasukkan ke Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Banda Aceh untuk menjalani hukum 4 tahun dan ditambah hukuman tambahan 6 bulan apabila terdakwa tidak membayar denda.(TM)