Serda Abdullah Pantau Posko, Serda Junisyah Putra Komsos

oleh -27 views
Serda Abdullah
Serda Abdullah di posko Covid-19. Foto: Ist

Banda Aceh (AD)-Serda Abdullah memantau kegiatan di Posko Terpadu dalam Pelaksanaan PPKM Skala Mikro. Sedangkan Serda Junisyah Putra melakukan komunikasi sosial. Begitulah aksi dua Babinsa dalam sepekan ini, beda gaya andara Serda Abdullah dnegan Serda Junisyah Putra, namin satu tujuan cegah Covid-19.

BACA..  LPPNRI Soroti Lampu Penerangan Jalan di Aceh Besar

“Kegiatan tersebut dalam rangka menindak lanjuti Instruksi Mendagri Nomor 03 Tahun 2021 tentang PPKM Mikro dan pembentukan Posko terpadu penanganan Covid-19 sampai tingkat pedesaan,” ujar Serda Abdullah selaku Babinsa Desa Lamgugop Anggota Koramil 25/Syiah Kuala, Kodim 0101/BS,  Rabu, 28 April 2021.

BACA..  Pemerintah Kota Sabang Apresiasi Kodim 0112/Sabang

Selain memantau kegiatan di Posko Terpadu dalam Pelaksanaan PPKM Skala Mikro, Serda Abdullah juga melaksanakan kegiatan patroli Yustisi di seputaran Desa Lamgugop guna mengingatkan dan menghimbau warga Desa setempat untuk mematuhi Protokol Kesehatan, terlebih lagi dalam menggunakan masker yang baik dan benar di setiap aktifitas di luar rumah.

BACA..  Prajurit Kodim 0103/Aceh Utara Laksanakan Tes Urine

Posko tersebut diperlukan sebagai sarana dalam upaya pengendalian Pandemi Covid-19 agar lebih tepat sasaran di tingkat mikro dan juga Posko tersebut sebagai upaya penanganan Covid-19 di tingkat Desa yang memiliki empat aspek penting yakni Pencegahan, Penanganan, Pembinaan dan Pendukung.

“Diiharapkan dengan adanya posko ini ,pencegahan Covid-19 di tingkat Desa lebih mudah dan efektif sehingga angka positif Covid-19 di Indonesia secara keseluruhan dapat di tekan dan diminimalisir,” harap Serda Abdullah.

Secara terpisah, di hari yang sama, Babinsa Koramil 01/ Seulimeum Kodim 0101/BS, Serda Junisyah Putra  melaksanakan komunikasi sosial (Komsos) dengan Petugas Puskesmas Lamteuba di Desa Blang Tingkeum  Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar.

Dalam Komsos tersebut petugas Puskesmas menyampaikan salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid 19 adalah dengan membiasakan pola hidup sehat, makan makanan bergizi, menjaga kebugaran tubuh, rajin mencuci tangan, menghindari tempat keramaian dan menggunakan masker saat beraktifitas diluar maupun didalam ruangan sesuai dengan protokol kesehatan covid 19 yang dianjurkan oleh pemerintah.

“Komsos yang dilakukannya merupakan bentuk upaya dalam pencegahan penyebaran Covid 19 di desa binaannya dan selalu terus berkoordinasi dengan Petugas Puskesmas Lemteuba,” ujarnya.

Lebih lanjut Serda Junisyah Putra mengatakan, sampai dengan saat ini warga di desa binaannya belum ada yang terpapar Covid 19 dan sebagai bentuk antisipasi, Babinsa selalu melaksanakan Komsos seraya berkoordinasi dengan aparatur kesehatan yang ada di desa guna memutuskan mata rantai penyebaran virus tersebut.

“Untuk mengurangi resiko terpaparnya warga di desa binaan, saya selaku Babinsa selalu berkordinasi dengan dinas kesehatan dan instansi terkait lainnya yang ada di desa dalam upaya mengurangi kecemasan warga terkait penyebaran covid 19,” pungkasnya.