Bila Jadi Bupati Lagi, Ini Titipan Ketua KNPI Kabupaten Pidie Kepada Sarjani Abdullah

oleh -79 views

 GOOGLE NEWS

Sigli |AP-“Jangan pernah lelah untuk pelayanan publik, dengan terus meningkatkan mutu pelayanan. Semoga kedepannya pemerintah dapat meletakkan orang yang tepat pada posisi yang tepat, karena ada beberapa kasus hal ini terjadi, semoga kedepannya hal ini dapat diperbaiki,” itulah harapan Ketua KNPI Kabupaten Pidie,  Zuhri MSkepada Sarjani Abdullah melalui rilis pers yang diterima Atjehpress.com, Minggu 29 Januari 2017.

Menurut Zuhri, kinerja Pemerintah Kabupaten Aceh Pidie selama dipimpin Sarjani Abdullah dan Iriawan sangat baik, punya target, dan pencapaian targetnya pun bagus. Kemidian lanjutnya, pada birokrasi, adanya semacam kedisiplinan yang tinggi yang mana indikatornya adalah tidak banyak pegawai di Kabupaten Pidie ini yang bolos apalagi malas, yang walau pembagian job deskripsinya masih sebatas pegawai menengah keatas.

“Ketika Pak Sarjani dan Pak Iriawan memimpin maka ditetapkannya target semacam pelayanan yang bertanggung jawab, yang sangat dirasakan di tingkat kecamatan. Menurut saya dan yang saya rasakan bahwa tidak banyak masyarakat yang mengeluh mengenai pelayanan public. Ini mengindikasikan bahwa pelayanan publik di bawah kepemimpinan Pak Sarjani dan Pak Iriawan sudah berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Berbicara tentang pelayanan kesehatan, ungkapnya, pelayanan di Kabupaten Pidie sudah baik tetapi masih perlu ada penambahan sehingga bisa lebih maksimal, sebagai informasi Kabupaten Pidie juga baru mendapat bantuan luar negeri untuk membangun rumah sakit 4 tingkat, menuju pelayanan kesehatan yang lebih baik.

“Selain itu ada juga perubahan tipe rumah sakit, sejak awal kepemimpinan Pak Sarjani dan Pak Iriawan sudah mencanangkan fokus pembangunan di Kabupaten Pidie adalah pendidikan dan kesehatan. Ini merupakan juga langsung direspon dengan menaikkan tipe rumah sakit serta mengganti nama rumah sakit kabupaten di Sigli menjadi rumah sakit Tgk. Chik di Tiro (nama pahlawan nasional,” ujarnya.

Nilai Zuhri lagi, tenaga medis, baik jumlah dan cara melayani juga makin ditingkatkan, serta jumlah ruangan pada rumah sakit Tgk. Chik di Tiro juga harus di tambah. Di Kabupaten Pidie tepatnya di Kota Sigli kini tumbuh 3 rumah sakit swasta yang juga menerima pasien BPJS yang kapasitasnya selalu penuh semua. Ini mengindikasikan perlu penambahan pada ruangan-ruangan rumah sakit milik pemerintah, terutama rumah sakit Tgk. Chik di Tiro. Kemudian integritas menjadi identitas dalam pembangunan di Kabupaten Pidie. Tingkat integritas pendidikan di Kabupaten Pidie semakin meningkat. “Hal ini terbukti bahwa Bupati dan Wakil Bupati mengintruksikan penerapan pendidikan yang jujur. Mengaplikasikan pendidikan yang jujur ini bukah hal yang mudah dan banyak sekali tantangan, KNPI juga dilibatkan di program ini,” ungkapnya.

Kemudian bebernya, Kadis pendidikan Kabupaten Pidie, Pak Murthalamudin memiliki komitmen untuk meningkatkan integritas pendidikan di Kabupaten Pidie sehingga walaupun secara rangking berada dibawah tetapi secara integritas Pidie meningkat. “Jadi integritas ini yang kita fokuskan, sebelum program ini berjalan masih banyak kita melihat peran guru dianggap tidak berharga dan banyak siswa yang pada jam belajar malas belajar di sekolah, karena menganggap ketika Ujian Nasional akan dibantu dengan jawaban akan diberikan,” ujarnya memuji langkah yang ditempuh Sarjani.

“Pengembangan sumber daya manusia dilingkungan pemerintah juga dilakukan dengan pemantapan kinerja melalui banyaknya pelatihan. Pembenahan ditingkat kecamatan yang saat ini sudah baik, pelayanan dan administrasi dapat dirasakan lebih tertib dan terarah,” pungkasnya. [r]