Jelang Satu Hari Penutupan, Zulhaq Arsyad Mendaftar Sebagai Calon Anggota DPD

oleh -244 views

Banda Aceh (AD)- Haji Zulhaq Arsyad, SE mendaftar sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) satu hari menjelang masa penutupan pendaftaran, besok Rabu 28 Desember 2022.

“InsyaAllah, kita mendaftar pukul 14.00 WIB, Rabu tanggal 28 Desember 2022, kita telah menyampaikan secara resmi dan KIP Aceh telah menjadwalkan penerimaan pendaftaran,” kata Haji Zulhaq kepada wartawan, Selasa malam 27 Desember 2022 di Banda Aceh.

Pengusaha asal Aceh yang banyak berkiprah di Jakarta ini menjelaskan, pihaknya telah meng-upload hampir 4000 KTP yang tersebar seluruh kabupaten/kota.

“Sebenarnya kita memiliki dukungan KTP yang lebih banyak dari yang selesai kita upload ke sistem SILON yang disediakan oleh KIP Aceh”, kata pengusaha dari Barsela itu.

BACA..  Sukses Amankan Sabang Marine Festival 2024, Kapolres: Berkat Kerja Sama yang Solid Semua Pihak

Syaratnya hanya 2000 KTP el dan tersebar di lima puluh persen Kabupaten/Kota yakni sekitar 12 Kabupaten/Kota. Sedangkan tim memasukkan seluruh Kabupaten/Kota di Aceh, yakni 23.

“Tentu ini kita ucapkan terima kasih kepada seluruh tim baik di tingkat pusat maupun di daerah, secara khusus kita meapresisasi tim yang bekerja siang malam,” ujar Wakil Ketua Umum DPP Garda Relawan Anies Baswedan Connection (GRAB Connection).

Dalam laman resmi KIP Aceh, menyebutkan waktu penginputan data dan pengunggahan dokumen ke dalam Sistem Informasi Pencalonan (Silon) dapat dilakukan hingga berakhirnya masa penyerahan dukungan minimal pemilih pada tanggal 29 Desember 2022.

Sebelumnya, Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KIP Aceh, Munawarsyah mengatakan, KIP Aceh sudah mengumumkan melalui laman website KIP Aceh mengenai tahapan pencalonan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI untuk menjadi peserta Pemilu 2024 dimulai sejak Selasa 6 Desember 2022.

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh sudah menetapkan masa persiapan penyerahan dukungan minimal pemilih dari tanggal 6-29 Desember 2022.

Untuk masa penyerahan dukungan minimal pemilih baru dimulai dari tanggal 16-29 Desember mendatang. Sedangkan masa pendaftaran persyaratan calon anggota DPD-RI dimulai pada 1-14 Mei 2023.

BACA..  Sukses Amankan Sabang Marine Festival 2024, Kapolres: Berkat Kerja Sama yang Solid Semua Pihak

Pencalonan pada 24 April

Munawarsyah juga menyebutkan bahwa masa pencalonan bakal calon anggota DPR RI, DPD (bagi yang sudah memenuhi syarat minimal dukungan), DPRA, dan DPRK akan dilaksanakan pada 24 April sampai 29 November 2023.

“Mekanismenya memang lebih awal untuk DPD karena mereka harus memenuhi syarat dukungan minimal 2.000 KTP-el. Mereka diberi kesempatan untuk mengumpulkan dukungannya. Apabila bakal calon DPD sudah melalui proses dan memenuhi syarat, baru mereka boleh mendaftar pada April nanti,” demikian Munawarsyah. (*)