Mahasiswa KKN Kelompok 358 Sosialisasi Cara Pencegahan Covid-19 Kepada Masyarakat

oleh -147 views

Laporan | Sayed

Lhokseumawe (AD) – Sejumlah mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 358 dari universitas Malikussaleh (Unimal) menjalani kegiatan KKN dengan melakukan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat di Desa Cut Mamplam, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe. Kegiatan tersebut dimulai pada tanggal 20 Oktober sampai 20 November 2020. Kata ketua kelompok KKN 358 Afif Muhammad pada media lewat rilisnya, Sabtu (28/11).

example banner

Selama 30 hari Lanjutnya, kegiatan tersebut berjalan lancar, “kami melakukan berbagai macam penyuluhan dan sosialisasi terhadap masyarakat Desa Cut Mamplam guna memberi arahan mengenai pencegahan penyebaran Covid- 19 baik secara individu maupun kelompok,”ujarnya Afif.

“Kami melakukan kegiatan lain seperti pembersihan, penanaman tanaman obat, dan juga cek kesehatan di Meunasah Desa Cut Mamplam,” kata ketua kelompok KKN 358 ini.

BACA..  Mahasiswa : Merugikan Masyarakat, Dugaan Proyek Fiktif 4,9 Milyar Harus di Usut Tuntas Oleh Kejari Lhokseumawe

Pada kegiatan ini, pihaknya memberikan pencerahan dan penjelasan mengenai pentingnya menjaga diri melalui protokol kesehatan dan juga penerapannya. Hal ini mulai dari penggunaan masker dan handsanitizer dalam pencegahan Covid- 19, karena hal tersebut adalah beberapa hal dasar dalam pencegahan penularan virus tersebut.

Dalam kelompok KKN 358 beranggota 6 orang diantaranya Afif Muhammad (ketua), Tgk. Fikri ardiansyah, (anggota), Naufal Auqa, (anggota), Aisyah Nita, (anggota), Yasmin Lubis, (anggota), Sulfia Magfirah, (anggota), dan Yulinar Maulida, (anggota). Dimana mereka (mahasiswa) tersebut berasal dari 2 fakultas, yaitu fakultas kedokteran dan fakultas hukum. Kelompok ini sendiri berada dibawah bimbingan Ibu Sutriani, S.Sos., MSP., sebut Afif.

Dalam menjalankan kegiatan KKN mahasiswa juga membagikan masker kepada masyarakat di Meunasah maupun ke rumah masyarakat. Selain membagikan masker kelompok KKN 358 juga melakukan kegiatan pembuatan handsanitizer dan membagikannya kepada penduduk setempat bersamaan dengan pembagian masker, tandasnya.

BACA..  Mahasiswa : Merugikan Masyarakat, Dugaan Proyek Fiktif 4,9 Milyar Harus di Usut Tuntas Oleh Kejari Lhokseumawe

Mahasiswa KKN kelompok 358 juga memberikan sedikit pemahaman tentang penggunaan masker dan handsanitizer dalam pencegahan Covid- 19 sebagai bentuk sosialisasi mereka terhadap masyarakat setempat, ujarnya lagi.

Lanjutnya, mahasiswa kelompok KKN 358 juga melakukan sosialisasi kepada siswa/i sekolah dasar mengenai berbagai macam bentuk perlindungan diri dari Covid- 19 yang sesuai dengan protokol kesehatan.

BACA..  Mahasiswa : Merugikan Masyarakat, Dugaan Proyek Fiktif 4,9 Milyar Harus di Usut Tuntas Oleh Kejari Lhokseumawe

Kami juga mengajak mereka bermain games dan melakukan sesi tanyan jawab mengenai cara mencegah penularan Covid- 19. Adapun hal yg kami sampaikan lebih terfokus pada acara mencuci tangan yang baik dan benar serta hal hal lainnya seperti memakai masker, menjaga jarak, dan memakan makanan yang bernutrisi, imbuhnya.

Sebelum memulai kegiatan KKN, mahasiswa sudah meminta izin kepada perangkat desa setempat melalui Geuchik Desa Cut Mamplam. “Alhamdulillah respon dari Geuchik sangat baik dan beliau juga menyediakan fasilitas yang diperlukan mahasiswa selama KKN berjalan. Dan mahasiswa sangat berterimakasih atas atas perhatian dari geuchik serta dosen yang membimbing sehingga KKN dapat terlaksana”. pungkasnya (*).