Dirlantas Polda Aceh Minta Pengendara Tetap Waspada di Jalan Raya

oleh -124 views

Banda Aceh (AD)- Tingginya minat masyarakat Aceh yang hendak berlibur ke wilayah Sumatera Utara terpantau di perbatasan Aceh Tamiang mengalami peningkatan cukup signifikan, baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat.

Hasil pantauan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Aceh, jumlah kendaraan yang melintas di perbatasan Aceh Tamiang menuju Sumut, berjumlah 844 unit yang terdiri dari : Angkutan Barang 210 Unit, Angkutan Umum 153 unit, Mobil Pribadi 260 unit, Sepeda Motor 239 unit.

Sementara itu, kendaraan yang masuk ke Aceh melalui Aceh Tamiang terpantau sebanyak 805 unit, yang terdiri dari : Angkutan Barang 152 unit, Angkutan Umum 153 unit, Mobil Pribadi 302, dan Sepeda Motor 237 unit.

Melihat antusias masyarakat Aceh yang akan berlibur panjang bersama keluarga ke wilayah Sumatera Utara dan sebaliknya sama besarnya, Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani berpesan, saat hendak meninggalkan rumah pastikan kompor dan listrik dimatikan.

BACA..  Masih Bertongkat, Nova Iriansyah: Apa Perlu Saya Buka Celana?

“Apabila ada kendaraan bermotor yang ditinggalkan saat berlibur, dari pada hilang di rumah, lebih baik dititipkan ke Polres atau Polsek supaya aman. Untuk penitipan tersebut, masyarakat tidak dikutip biaya pada saat menitipkan kendaraannya di Polres dan Polsek,” kata Dicky Sondani, Rabu 28 Oktober 2020.

BACA..  AJI: 15 Kasus Dalam 3 Tahun Jurnalis dan Media Dilaporkan Pakai UU ITE

“Sampaikan hal ini kepada tetangga atau ketua lingkungan setempat, apabila akan berlibur cukup lama keluar daerah. Sehingga tetangga mengetahui kalau ada warganya yang sedang keluar kota,” harapnya.

Terkait dengan jumlah angka kecelakaan Lalulintas pada saat menjelang liburan panjang ini, Dirlantas Polda Aceh menyampaikan, bahwa telah terjadi tujuh kasus. Satu di Wilayah Aceh Besar, dua kasus di Aceh Selatan, satu kasus di Sabang, dua kasus di Bener Meriah, dan satu kasus di Subulussalam.

Oleh sebab itu, Dirlantas menghimbau masyarakat yang mengendarai kendaraan untuk tetap waspada di jalan raya, mengingat arus lalulintas sangat padat menjelang liburan panjang ini.

“Tingginya curah hujan di bulan Oktober dan November ini harus diwaspadai oleh masyarakat yang hendak berlibur ke Sumatera Utara dan sebaliknya,” Demikian tutup Kombes Pol Dicky Sondani. (AF)