Penyuluhan Protokol Kesehatan Era Pandemi COVID-19 di SDN 14 Muara Dua

oleh -151 views

Laporan | Sayed

Lhokseumawe (AD) – Pemerintah Kota Lhokseumawe telah memutuskan untuk membuka kembali sekolah sejak 9 November 2020. Dengan demikian sangat dibutuhkan edukasi mengenai protokol kesehatan yang harus dipatuhi untuk mendukung penerapan protokol kesehatan disekolah selama pembelajaran tatap muka berlangsung.

example banner

Dosen Prodi Kedokteran FK Unimal dr. Juwita Sahputri, MKT (Ketua) dan dr. Rizka Sofia, MKT (Anggota) bersama beberapa orang mahasiswa melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SDN 14 Muara Dua, Kota Lhokseumawe pada hari Rabu 25 November 2020.

Kegiatan ini memberikan penyuluhan Protokol Kesehatan selama masa pandemik COVID-19 kepada murid-murid. Dalam pelaksanaannya, turut juga hadir guru, staff dan kepala sekolah. Kata Dosen Priodi Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh dr. Juwita Saputri,MKT selaku ketua pada media, Jum’at (27/11).

Dalam kegiatan penyuluhan ini, turut dijelaskan protokol kesehatan, tatacara penggunaan masker yang benar, tatacara mencuci tangan sesuai rekomendasi WHO, serta penerapan etika batuk dan bersin yang benar. Ujarnya.

Penjelasan yang dilakukan oleh mahasiswa adalah dengan menggunakan media poster sehingga memudahkan pemahaman para murid serta diikuti dengan praktek langsung berupa penjelasan pencegahan penularan virus corona, cara memakai masker, cara mencuci tangan, serta etika ketika batuk dan bersin.

Siswa, guru, dan kepala menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Kepala Sekolah mengatakan bahwa sekolah di desa jarang mendapat kesempatan dan intervensi dari luar, sehingga mereka merasa sangat terbantu. Ia juga berharap agar kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan guna memberi kesempatan yang lebih bagi para siswa dalam mengembangkan kapasitas mereka. Tandasnya.

diharapkan protokol kesehatan ini dapat diterapkan di sekolah sehingga dapat mencegah penularan COVID-19. Pada akhir kegiatan dilakukan penyerahan satu set wastafel cuci tangan, masker, serta bingkisan kepada seluruh murid SDN 14 Kota Lhokseumawe. Pungkasnya Juwita.(Rls).