Bahas Penanggulangan Covid -19 di Aceh, Pangdam IM Sampaikan Ini

oleh -160 views

Banda Aceh (AD)- Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayjen TNI Hassanudin, S.I.P., M.M, mengikuti rapat tentang penanggulangan Covid -19 bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) secara virtual di Ruang Puskodal Makodam Iskandar Muda, Minggu 27 September 2020. 

Rapat yang digelar melalui konferensi video tersebut, dipimpin oleh Plt Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Dody Ruswandi.

Adapun yang hadir dalam rapat tersebut di antaranya, Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Dirjen Pelayanan Kesehatan, Kemenkes, Kalak BPBA Aceh, Kadinkes Aceh, Kadis PU Aceh, Direktur RSU Zainoel Abidin Aceh, Anggota DPR RI Dapil Aceh M. Salim Fahri dan Anggota DPD RI Dapil Aceh, Fachrul Razi.

BACA..  Gampong Juli Seupeung Kucurkan lagi BLT ke Masyarakat

Rapat tersebut membahas tentang pembangunan rumah sakit darurat Covid -19 beserta alat kesehatannya, peralatan laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR), dan bantuan mesin jahit untuk masker.

BACA..  Gampong Juli Seupeung Kucurkan lagi BLT ke Masyarakat

Dalam rapat tersebut, Pangdam IM menyampaikan, jika Kodam Iskandar Muda tengah menyiapkan Laboratorium PCR di tiga kabupaten/kota di Aceh.

Nantinya, Laboratorium PCR tersebut akan digunakan untuk membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid -19 di Aceh.

“Kami laporkan, bahwa kami sedang menyiapkan Laboratorium PCR di tiga tempat, yaitu Banda Aceh, Meulaboh dan juga di Lhokseumawe,” ujar Pangdam IM.

Selanjutnya, Pangdam IM juga menuturkan, bahwa saat ini angka kasus Covid -19 di Aceh mengalami peningkatan. Oleh karena itu, Panglima berharap, sangat perlu disiapkan rumah sakit rujukan tambahan.

“Saat ini sangat perlu disiapkan rumah sakit rujukan dan segera mengambil langkah-langkah antisipasi dalam penanganannya untuk mengurangi dan menangani, serta membasmi wabah virus Covid -19 yang terjadi saat ini di Provinsi Aceh,” pungkas Pangdam.

Turut hadir mendampingi Pangdam Iskandar Muda dalam rapat tersebut, Asops Kasdam IM, Aslog Kasdam IM, Karumkit Kesdam IM, Kazidam IM. (AF/R)