Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Masyarakat Resmikan Gerakan Pendidikan Paya Bakong Peujaroe

oleh
Aktifitas pengajian, Foto: Ist
Aktifitas pengajian, Foto: Ist

LHOKSUKON | AP-Masyarakat Kecamatan Paya Bakong Kabupaten Aceh Utara, Rabu 23 Agustus 2016 meresmikan organisasi “Gerakan Pendidikan Paya Bakong Peujaroe” sebagai organisasi yang bergerak dalam misi Memberikan pelajaran yang berbasis Islami kepada generasi muda-mudi dalam wilayah Kecamatan Paya Bakong, membentuk kader yang inspiratif untuk lintas generasi serta melahirkan generasi emas Paya Bakong yang memiliki Imtak dan Iptek dan dapat dijabarkan dalam kehidupan sehari-hari.

Peresmian Gerakan Pendidikan Paya Bakong Peujaroe bertempat di Mesjid Besar Tgk Chik Paya Bakong dan di resmikan oleh Bupati Kabupaten Aceh Utara H. Muhammad Taib pada jam 09.30 s/d 11.00 wib dan dihadiri oleh Muspika Paya Bakong, Kepala BPM, Kepala Kantor Arsip dan Pustakaan Daerah, Anggota Komisi E DPRK Aceh Utara, Perwakilan Gerakan Indonesia Mengajar Jakarta, Kepala Humas Kantor Bupati Aceh Utara, Kepala UPTD Matang Kuli, Para Kepala Sekolah se-Paya Bakong, Para Imum Mesjid, Para Tgk Imum Gampong, para kepala Balai Penajian, para Imum Mukim, perwakilan Kompi Senapa E Paya Bakong, tokoh masyarakat, mahasiswa, serta ratusan siswa.

Bupati Aceh Utara H. Muhammad Taib dalam pesesmiaanya berharap kader Gerakan Pendidikan Paya Bakong Peujaroe ini bisa menjadi calon pemimpin yang menjungjung tinggi nilai-nila agama, budaya, moral serta menjadi contoh untuk daerah lain dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), konsep seperti ini sangat kita dukung dan kita apresiasikan untuk masyarakat Kecamatan Paya Bakong, sekali lagi kita mendukung sepenuhnya.

Program Gerakan Pendidikan Paya Bakong Peujaroe yaitu Qur’ani atau Tahfidz Qur’an, program ini dengan visi Membangun generasi Qur’ani Paya Bakong melalui pencetakan hafidz dan hafidzah pada usia dini. Kita berikan bimbingan membaca Al-Qur’an yang baik dan benar dalam mempelajari Al-Qur’an bagi anak-anak usia dini, menanamkan aqidah, akhlak, moral dan mental yang baik pada anak-anak, Mendidik hafidz dan hafidzah sejak usia dini sehingga anak usia dini peserta program mampu memberikan prestasi di bidang MTQ untuk Paya Bakong. Tempat program tahfidz qur’an ini dilaksanakan di 9 (sembilan) SD dan 1 (satu) MIN yang ada dalam Kecamatan Paya Bakong.

Selain itu, program Gerakan Pendidikan Paya Bakong Peujaroe yaitu pustaka Rumoh Ileume (rumah ilmu). program kegiatan kedua ini merupakan program yang direncanakan dalam Gerakan Pendidikan Gerakan Pendidikan Paya Bakong Peujaroe, dimana program ini sebagai salah satu bentuk upaya untuk meningkatkan minat baca bagi ana-anak, remaja, orang tua untuk menambah ilmu pengetahuan dan informasi baru yang belum diperoleh oleh masyarakat Paya Bakong.

BACA..  Panitia FJA Tunda Pelantikan Pengurus Bireuen, Ini Alasannya

Rumoh Ileume ini memiliki visi untuk Melahirkan generasi yang berwawasan luas terhadap Sains, Teknologi dengan berlandaskan Iman dan Taqwa. Rumoh Ileume bertujuan untuk memberikan akses minat baca bagi anak-anak usia dini, remaja, dewasa dan orang tua, menuntaskan buta aksara bagi anak-anak putus sekolah, melayani anak-anak, remaja dan orang tua  untuk meningkatkan kemampuan membaca, serta menanamkan aqidah, akhlak, moral dan mental yang baik pada anak-anak melalui minat baca serta menambah wawasan, dan mendapatkan informasi yang tidak didapatkan dari sumber lain.

Terakhir adalah Paya Bakong Says Hello (PBSH), program ini merupakan wadah Bimbingan Belajar (bimbel) dalam peningkatan pendidikan yang dibentuk oleh Forum Interaksi Mahasiswa Paya Bakong (FIMA PAYA BAKONG) dan didukung oleh Pengajar Muda yang tergabung dalam Indonesia Mengajar (IM).

BACA..  Panitia FJA Tunda Pelantikan Pengurus Bireuen, Ini Alasannya

PBSH memiliki visi yaitu Menuju Paya Bakong Yang Cermerlang, Berkarakter & Berwawasan Kebangsaan, dengan misi   meningkatkan mutu pendidikan untuk semua jenjang dalam menghadapi tantangang lobalisasi, Meningkatkan potensi pengetahuan generasi muda terhadap Agama Islam dalam upaya mendukung terlaksananya Syariat Islam secara menyeluruh dalam berbangsa dan bernegara di bumi Serambi Mekkah., mendorong generasi muda untuk berpartisipasi dalam upaya meningkatkan SDM generasi muda Paya Bakong khususnya dan Indonesia pada umumnya serta mendukung program pemerintah dalam upaya peningkatan pendidikan Agama Islam dan pendidikan umumlainnya.

PBSH bertujuan untuk menghasilkan generasi yang cerdas dan berkarakter, menghasilkan generasi yang berprestasi, berbudi luhur, berwawasan islami serta mencintai bangsa dan negara.

Dapat kami jelaskan bahwa Gerakan Pendidikan Paya Bakong Peujaroe ini milik semua masyarakat Kecamatan Paya Bakong pada khususnya dan Aceh pada umumnya, kami mengharapkan do’a dan dukungan semua pihak agar program ini dapat berjalan sesuai dengan harapan kita untuk generasi masa depan bangsa dan negara. [r]