Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Tim SAR Pos TNI-AL Malahayati Berhasil Temukan Korban Tenggelam

oleh

Sabang (AD) Tim Pos SAR Tentara Nasional Angkatan Laut (TNI-AL) di Malahayati Kabupaten Aceh Besar berhasil menemukan mayat seorang warga yang tenggelam di pantai laut Blang Ulam, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, Selasa 27 Juli 2021.

Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T, M.M, dalam rilis pers kepada media atjehdaily.id  menyampaikan, pada hari Selasa tanggal 27 Juli 2021 sekira pukul 14.30 WIB tim SAR Pos TNI-AL (Posal) Malahayati Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) yang tergabung dalam Tim SAR berhasil menemukan korban tenggelam atas nama Dimas Gilang Taruna di perairan pantai Blang Ulam Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.

Penemuan tersebut setelah pihak Tim SAR gabungan melakukan pencarian selama 3 hari ini, dengan kronologis kejadiannya pada hari Minggu, tanggal 25 Juli 2021 pukul 15.00 WIB di saat korban Dimas Gilang Taruna bersama rekan lainnya Azhari, Nurfadilah, Rauzah Nuzullah, Rami Anisa sedang rekreasi di pantai dan berenang di laut dikarenakan ombak gelombang sehingga terseret arus ke tengah laut.

Namun, ke 4 orang teman lainnya dapat diselamatkan warga masyarakat yang sedang berada di TKP, yaitu pada koordinat 5.36’2472″ LU, 95.38’492″ BT atau tepatnya di pantai Blang Ulam Kabupaten Aceh Besar, sedangkan korban Dimas Gilang Taruna tidak dapat diselamatkan atau tidak ditemukan saat itu.. jelas Danlanal.

Dengan adanya kejadian laka laut tenggelamnya. Dimas Gilang Taruna maka lanjut Danlanal, Danposal Malahayati Letda Laut (T) Turijan melaporkan kejadian kepada Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Sabang, Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo S.T.,M.M.

Kemudian dirinya memerintahkan untuk melaksanakan SAR di laut dengan semaksimal mungkin dan berkoordinasi dengan instansi yang ada, Danposal Malahayati langsung bergerak bersama unsur SAR yang ada secara gabungan.

Tim SAR yang terdiri dari personel Basarnas, Pos TNI AL Malahayati, Babinsa Koramil Kreung Raya, Polairud Kreung Raya dan Polsek Kreung Raya dengan menggunakan dua unit sarana apung Basarnas berupa perahu karet bermesin 40 PK dan milik Posal Malahayati perahu karet bermesin 40 PK.

“Tim bergerak ke laut melaksanakan pencarian pada sektor yang diperkirakan tenggelamnya korban Dimas Gilang Taruna, mulai hari minggu sore sampai dengan hari ini Selasa, berkat kerja keras tim SAR Gabungan sehingga berhasil menemukan mayat korban tenggelam yang mengapung di perairan laut Blang Ulam Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar,” kata Danlanal.

Selanjutnya tambah Dalanal, Tim SAR melakukan evakuasi ke pantai untuk diserahkan kepada tim medis dari rumah sakit terdekat dengan kendaraan, selain menggerakkan perahu karet yang ada di Pos TNI AL Malahayati, secara gabungan melaksanakan SAR ke laut juga menggerakkan Kapal Angkatan Laut (KAL) Iboih yang ada di dermaga Pangkalan Angkatan Laut Sabang untuk melaksanakan penyisiran pada area lokasi tenggelamnya korban Dimas Gilang Taruna di perairan laut Blang Ulam Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar. (Jalaluddin Zky).