Serda Darwis Terjun Ke Sawah Petani, Dandim Bilang Begini

oleh -28 views
Serda Darwis
Serda Darwis sedang di sawah petani. Foto: Ist

Jantho (AD)– Serda Darwis, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) jajaran Komando Disitrik Militer (Kodim) 0101/Aceh Besar turut serta mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya petani di tengah Pandemi Covid 19. Informasi tersebut disampaikan kepada Atjehdaily.Id, Minggu, 27 Juni 2021.

Seperti diketahui, sebagian besar para petani wilayah Kabupaten Aceh Besar sedang melakukan penyiapan lahan sawahnya untuk menyemai bibit tanaman padi. Hal itu dikarenakan saat ini sudah memasuki Musim Tanam (MT) baru yaitu MT Rendengan.

Berkaitan dengan itu, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) jajaran Komando Disitrik Militer (Kodim) 0101/Aceh Besar tetap melaksanakan pendampingan kepada petani meskipun Pandemi Corona Virus Disease (Covid 19) tengah melanda.

Salah satunya ditunjukkan Babinsa Koramil 24/Lembah Seulawah Kodim 0101/Aceh Besar Serda Darwis dengan terjun ke lahan sawah milik petani di Desa Lamtamot Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (26/6/2021).

Terlihat Serda Darwis sedang melakukan pembajakkan lahan sawah dengan menggunakan cara tradisional yaitu menggemburkan media tanah memakai sebuah cangkul.

Komandan Koramil 24/Lembah Seulawah Kapten Inf Sutan Radius mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu aktivitas Pembinaan Teritorial (Binter) yang dilaksanakan oleh para Babinsa di wilayah binaannya masing-masing.

“Ini juga termasuk rutinitas yang dilakukan Babinsa di wilayah binaan dalam rangka mewujudkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat,” ujarnya.

Komandan Kodim 0101/Aceh Besar Kolonel Inf Abdul Razak Rangkuti, S.Sos., M.Si sangat mendukung aksi para bintara tersebut. Dan dia menuturkan, apa yang dilakukan Babinsa ini adalah bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya petani di tengah Pandemi Covid 19 sekarang ini.

“Kita harapkan, hadirnya Babinsa dalam situasi seperti ini bisa mendorong petani untuk lebih mengoptimalkan produktivitas hasil pertaniannya,” tutur Dandim.

Sebelumnya, anggota Koramil 06/Indrapuri Kodim 0101/ Aceh Besar, membantu masyarakat melakukan Kegiatan pembuatan saluran sekunder irigasi untuk lahan persawahan, bertempat di Desa Leu, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar, Kamis (24/6/2021).

Dalam kegiatan tersebut terlihat para Babinsa dan warga saling bahu-membahu dalam melanjutkan pengerjaan pembangunan irigasi tersebut. Mereka pun tampak semangat dan antusias, baik dari warga maupun anggota Babinsa sendiri.

Saat dikonfirmasi Batuud Koramil 06/Indrapuri Pelda Sugianto beranggapan bahwa program peningkatan swasembada pangan tidak hanya dititik beratkan pada lahan pertanian. Melainkan Sarana penunjang seperti pembangunan saluran irigasi, yang juga memiliki peranan yang penting dalam sektor pertanian.

“Saluran irigasi berfungsi untuk membagi arus aliran air ke masing-masing sawah. Sehingga, para petani tidak kesulitan dalam memperoleh air untuk mengairi sawah mereka,” ujarnya. (RP)