Bentuk Tim Khusus Pengawasan ULP, DPP Forkab Aceh Apresiasi Kinerja Plt Gubernur

oleh -95 views

Banda Aceh (ADC)- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, MT telah membentuk satu tim khusus yang bertugas melakukan pengawasan dan penanganan masalah yang muncul dalam pelaksanaan lelang proyek APBA 2019 di Unit Layanan Pelelangan (ULP) pada Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat daerah (Setda) Aceh, dikutip dari laman Serambi News.

Dengan dibentuknya tim khusus tersebut, Dewan Pengurus Pusat (DPP) Forum Komunikasi Anak Bangsa (Forkab) Aceh, mengapresiasi dan mendukung sikap dan kebijakan Plt Gubernur Aceh.

Hal itu disampaikan Ketua Umum DPP Forkab Aceh, Polem Muda Ahmad Yani yang juga akrab disapa Polem, melalui pesan WhatsApp kepada media atjehdaily.id, Kamis 27 Juni 2019.

Polem Muda menilai, dengan terbentuknya tim khusus yang bertugas melakukan pengawasan dan penanganan masalah di ULP pada Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Aceh, merupakan kebijakan yang sangat tepat yang diambil oleh Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, MT. “Karena selama ini, belum ada kebijakan dari Kepala daerah sebelumnya dalam membantu kinerja ULP,” ungkapnya.

Selain itu, Polem juga mengatakan, berdasarkan pernyataan Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Aceh, Irawan Pandu Negara Msi (laman Serambi News Sabtu, 15 Juni 2019) menegaskan, bahwa pada prinsipnya ULP dalam bekerja mengikuti aturan main dan kehati hatian agar tidak timbul masalah hukum di kemudian hari. “Ketika dimintai tanggapannya terkait keluhan bahkan tudingan dari sejumlah pihak terhadap ULP Setda Aceh terkait proses lelang proyek APBA 2019 yang berjalan lamban,” katanya.

Pada bulan Januari 2019 saat proses lelang tender hendak dilakukan, keluar aturan baru dari Kementerian PUPR, sehingga semua berkas lelang paket proyek fisik harus disesuaikan dengan Paraturan Menteri PUPR Nomor 7 Tahun 2019.

Sedangkan jumlah paket proyek APBA 2019 yang hendak dilelang, mencapai ribuan paket. Sementara itu, jumlah staf pokja di ULP hanya berkisar 165 orang, sehingga kalau dibandingkan dengan volume pekerjaannya sudah overload.

BACA..  Buka Rapat, Ketua DPRA: Dinamika Dalam Pembahasan Jadi Referensi

“Maka dengan terbentuknya tim khusus yang bertugas melakukan pengawasan dan penanganan masalah di ULP pada Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Aceh, bisa memaksimalkan kinerja ULP dan mempercepat pelelangan dan pelaksanaan proyek APBA 2019,” pungkas Polem Muda.

Lanjutnya menambahkan, dalam pelaksanaan tugas yang dilakukan oleh tim khusus pengawasan dan penanganan masalah di ULP pada Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Aceh, Ketua Umum DPP Forkab Aceh, mendukung dan siap membantu pemerintah dalam kebijakan tersebut demi suksesnya percepatan pelelangan dan pelaksanaan proyek APBA 2019,” tutup Polem Muda Ahmad Yani. (Ahmad Fadil)