Selama Dua Pekan Terakhir, Produksi Sampah Meningkat di Abdya

oleh -109 views
Kepala BLHK Abdya, Adian Nur (baju abu-abu) bersama petugas kebersihan membersihkan sampah yang dihasilkan pedagang dadakan dipinggir jalan Nasional. Foto TM|AP
Kepala BLHK Abdya, Adian Nur (baju abu-abu) bersama petugas kebersihan membersihkan sampah yang dihasilkan pedagang dadakan dipinggir jalan Nasional. Foto TM|AP

Blangpidie | AP – Sampah organik dan anorganik di Kota Blangpidie dan sejumlah kecamatan lainnya di kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) selama dua pekan terakhir meningkat drastis. Dihitung normal, volume sampah di Abdya mencapai 1000 ton perhari.

“Selain diproduksikan oleh ratusan pedagang dadakan, sampah-sampah itu juga diciptakan oleh mengakibatkan produksi sampah di warung, cafe dan tempat lainnya akibat banyaknya warga melakukan buka puasa bersama,”aku Adian Nur kepada AP di Blangpidie, Minggu 26 Juni 2016.

Peningkatan produksi makanan itu, lanjut Adian Nur, berimbas pada peningkatan volume sampah. Apalagi, bisanya komsumsi makanan saat berbuka sedikit dibandingkan makanan yang diproduksi, sehingga makanan banyak yang terbuang.

“Sampah anorganik di dua pekan Ramadhan ini juga meningkat, dikarenakan banyak masyarakat yang membali pakaian juga ditambah sampah dari pedagang kaki lima dan pasar Ramadhan dadakan,”sebut Adian Nur.

Memang diakui Adian Nur, pihaknya tidak terlalu kuatir dengan peningkatan sampah-sampah tersebut. Karena, pihaknya jauh hari sudah mempersiapkan petugas dengan segala kemungkinan yang akan terjadi. ”Petugas saban hari melakukan pembersihan tanpa pamrih,” tegasnya.

Namun, lanjutnya, pihaknya mengharapkan kepada pedagang, masyarakat serta elemen lainnya, sampah-sampah yang dihasilkan itu ditempatkan ditempat yang sudah disediakan atau titik-titik lain sehingga mudah diangkut oleh petugas.“Jangan dibuang berserakan, diletakan saja di sisi-sisi jalan ataupun titik lainnya,” harap Adian Nur.

Lebih lanjut, Adian Nur juga menyebutkan, pihaknya pada H-4 hari Raya Idul Fitri akan melakukan gotoroyong bebas sampah bersama dengan masyarakat, pihak kecamatan dan pihak-pihak lainnya yang dipusatkan di Kota Blangpidie dan titik-titik lainnya.“Kita siap membebaskan sejumlah titik jalan Nasional termasuk di Kota Blangpidie bebas sampah menjelang hari Raya,”pungkas Adian Nur.(Musnizar)