Kodim 0103/Aceh Utara Donor Darah, Dandim Sebut Manfaatnya

oleh -33 views
Kodim 0103
Kodim 0103/ Aceh Utara berkerjasama dengan PMI Kota Lhokseumawe melaksanakan bakti sosial donor darah, Kamis, 27 Mei 2021. Foto: Ist

Lhokseumawe (AD) Kodim 0103/ Aceh Utara berkerjasama dengan PMI Kota Lhokseumawe melaksanakan bakti sosial donor darah, Kamis, 27 Mei 2021.

Kegiatan tersebut berlangsung di lapangan Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0103/Aceh Utara di Kota Lhokseumawe.

“Kami melakukan kegiatan Bhakti Sosial Donor darah untuk mengantisipasi kekurangannya stock darah yang ada di PMI Kota Lhokseumawe, kegiatan donor darah dimasa Pandemi Covid ini juga kita laksanakan secara ketat dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 yang terjadi saat ini, pemeriksaan dalam kegiatan ini dilakukan secara khusus dan ketat yang berbeda dari hari-hari biasa,” terang Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto S.A.P.

Lanjut perwira melati dua itu, perkembangan virus Covid- 19 berimbas pada semakin menipisnya persediaan stock darah di PMI. Hal ini disikapi dengan positif oleh Kodim 0103/ Aceh Utara, dengan niat membantu dengan ikhlas persedian darah yang semakin menipis tersebut, sehingga dilaksankannya Kegiatan Bhakti Sosial Donor Darah ini.

BACA..  Natalius Pigai: Jakarta Harus Memahami Daerah Konflik

“Nantinya diharapkan bisa membantu kekurangan stock darah yang ada saat ini dan nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat atau yang membutuhkan,” sebutnya.

Kegiatan Bhakti Sosial Donor Darah ini tetap melaksanakan Protokol Kesehatan,dengan melakukan. Sebelum masuk ruangan, peserta donor darah mencuci tangan di air mengalir dengan menggunakan sabun antiseptik, pemeriksaan suhu badan, menjaga jarak anggota yang akan mendonorkan darahnya dan tidak berkerumun serta mengatur waktu masuk ke ruangan donor secara bergiliran.

BACA..  Natalius Pigai: Jakarta Harus Memahami Daerah Konflik

“Sehubungan dengan adanya himbauan dari Pemerintah untuk mengurangi aktivitas berkumpul ramai dan mengisolasi diri di rumah telah membuat kegiatan donor darah mulai berkurang. Hal ini pun lantas membuat pasokan darah yang ada menjadi semakin berkurang. Apalagi menurut laporan, stok darah di beberapa wilayah di Indonesia semakin menipis di masa wabah virus corona saat ini,” ujar Letkol Arm Oke Kistiyanto S.A.P.

Lanjut Letkol Oke, mendonorkan darah merupakan satu tindakan yang mulia karena setetes darah yang diberikan sangat berarti bagi kelangsungan hidup seseorang yang membutuhkan.

“Manfaat donor darah juga meningkatkan produksi sel darah merah. Ini karena saat melakukan Donor, sel darah merah akan berkurang. Sumsum tulang belakang pun akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang. Dengan rutin melakukan donor darah, tubuh kamu pun terpicu untuk melakukan pembentukan darah baru yang segar,” sebutnya.

BACA..  Natalius Pigai: Jakarta Harus Memahami Daerah Konflik

Kegiatan donor darah tersebut berhasil mengumpulkan sebanyak 24 kantong darah. “Insyaallah akan bertambah lagi. Sebab personel yang kita kerahkan lebih kurang 200 orang lebih untuk melaksanakan Donor Darah,” sebutnya.

Semangat Dandim, bagi pendonor tidak perlu khawatir untuk mendonorkan darahnya di tengah pandemi ini, sebab PMI sudah memiliki protokol dan Standar Oprasional Prosedur (SOP) untuk melakukan donor ditengah pandemi.

“Kami menjamin bagi yang akan donor darah dengan aman, karena sesuai SOP yang diberlakukan,” pungkas Dandim sambil mengajak pendonor kembali mendonor darahnya. (Sayed Panton).