DPMG dan Diskominfo Aceh Gelar Bimtek Pengelolaan Website Sigap di Kota Sabang

oleh -138 views

Sabang (ADC)- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) dan Dinas komunikasi dan informasi (Diskominfo) Aceh, menggelar kegiatan Bimtek Pengelolaan Website dan Sistem Informasi Gampong (SIGAP), di Aula Diskominfo, Statistik dan Persandian Sabang, yang berlansung dari hari Sabtu tanggal 25 hingga Senin 27 Mei 2019, yang diikuti 25 orang peserta dari Kelompok Informasi Gampong (KIG) se-Kota Sabang .  

Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo dan Sandi Aceh Alfajrian Ab, SE, MM Senin 27 Mei 2019 kepada wartawan mengatakan, Sabang merupakan satu satunya yang pertama memanfaatkan dan mensenergikan fungsi KIG dengan tugas satuan kerja perangkat kota (SKPK).

“Oleh karena itu, melalui Bimbingan teknis (Bimtek) yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, KIG dapat membantu Pemerintah Gampong dalam hal mengumpulkan, mengolah dan menginput data ke dalam Aplikasi SIGAP,”  kata Alfajrian.

Alfajrian juga menjelaskan, seluruh data dasar tersedia secara akurat, terbuka dan dapat digunakan untuk semua pihak, baik Pemerintah Daerah, Pemerintah Gampong maupun lembaga publik lainnya. 

“Untuk kelancaran kegiatan ini, 18 desa di Sabang telah menandatangi komitmen seluruh Keuchik dan Ketua KIG. Pihaknya akan melakukan pendampingan, sehingga diharapkan di akhir tahun 2019 ini, sudah ada progres pengisian data dari setiap gampong,” ungkapnya.

Ia menambahkan, terlaksananya Bimtek yang berlansung selama tiga hari itu, atas adanya kerjasama Dinas Kominfo dan Persandian Aceh dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Aceh, Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Kota Sabang serta KOMPAK.

Sementara itu, Kepala Bidang Layanan Informasi Publik Diskomfo, Statistik dan Persandian Kota Sabang Dewi Portuna mengatakan, kehadiran media berbasis internet misalnya, dapat membantu pemerintah dalam menyebarluaskan informasi kepada publik secara cepat, tepat sasaran namun tetap interaktif.

BACA..  Cegah Kejahatan, Polri dan Polisi Selandia Baru Tanda Tangani Kerjasama

“Bimbimgan teknis bagi masyarakat tersebut, menampilkan tiga nara sumber, yaitu meteri tentang jurnalistik dasar, disampaikan oleh Iranda Nopandi dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh. Sedangkan untuk pengelolan wibsite dan sistem informasi Gampong, disampaikan olek Zainal Mahyar, dan Zaky Ahyar dari Diskominfo Aceh,” sebutnya.

“Dengan adanya Bimtek ini diharapkan, para perserta  dapat menyerap materi dengan baik. Sehingga nantinya, dapat memanfaatkan wibsite Gampong dan SIGAP sebagai program pembangunan Gampong kedepan yang akan tumbuh berkembang menjadi gampong mandiri,” tutup Dewi Portuna, isteri Ramlan Yahya pelantun lagu Marsalena ini. (Jalal).