Dampak Kenaikan Harga Emas Dunia, Penerimaan Zakat Baitul Mal Sabang Menurun

oleh -58 views

Sabang (AD) – Tidak dapat dipungkiri akibat kenaikan harga emas dunia, telah berdampak pada penerimaan zakat senif fakir bagi Baitul Mal Kota Sabang. Namun demikian, masyarakat penerima zakat tahun naik, hal itu juga disebabkan mandegnya ekonomi karena covid-19.

BACA..  Matulessy: Pasal RUU KUHP Perlu Dikaji Secara Mendalam

Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kota Sabang Tgk Yakob Saleh, SH mengatakan, pihak Baitul Mal Kota Sabang ikut merasakan dampak dari kenaikan harga emas dunia. Dimana lembaga amal tersebut dalam penerimaan zakat turun dari biasanya.

BACA..  Wali Kota Sabang Beri Bantuan Ke Palestina Melalui KNRP

Pun begitu kata Imam Masjid Agung Babussalam ini, masyarakat penerima zakat senif fakir miskin tahun ini naik dari tahun sebelumnya. Hal tersebut juga dikarenakan ekonomi rakyat tersendat akibat covid-19, yang sampai saat ini masih menyelimuti kehidupan manusia.

BACA..  Pemerintah Kota Sabang Apresiasi Kodim 0112/Sabang

“Baitul Mal Kota Sabang ikut merasakan dampak dari kenaikan harga emas dunia dimana penerimaan zakat turun dari tahun sebelumnya, namun disisi penyaluran kini meningkat dari tahun lalu hal ini juga dikarenakan tersendatnya ekonomi rakyat yang disebabkan covid-19,” kata Tgk Yakob, kepada media ini Selasa (27/04/21).

Sebelumnya Wali Kota Sabang Nazaruddin, S.I.Kom mengatakan, dengan telah disalurkan zakat senif fakir miskin maka, diharapkan kepada saudara-saudara yang belum beruntung dari segi ekonomi kiranya, dapat membantu biaya tambahan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah tahun 2021.

“Semoga dengan telah disalurkan zakat senif fakir miskin kiranya sedikit terbantu bagi saudara-saudara yang belum beruntung dari segi ekonomi dapat terbantu biaya buat lebaran nanti. Mengingat kondisi ekonomi dimasa pandemi ini sangat tidak menentu,” kata Wali Kota.

Sementara itu, Ketua Baitul Mal Kota Sabang Zulhilmi, MY. S.Ag menjelaskan, penerimaan zakat atau pendapatan Baitul Mal Kota Sabang tahun ini mengalami penurunan. Hal itu diakibatkan adanya kenaikan harga emas dipasaran dunia dan berpengaruhi pada ekonomi secara global. Akan tetapi terang Zulhelmi, jumlah zakat senif fakir miskin yang disalurkan oleh Baitul Mal Kota Sabang tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya

Anggaran zakat yang diterima Baitul Mal Kota Sabang totalnya Rp1.798.325.000,- zakat tersebut kemudian disalurkan kepada masing- masing Keuchik 18 Gampong di 2 Kecamatan yang ada di Kota Sabang.

Dengan rincian penerima fakir miskin di Kecamatan Sukakarya meliputi fakir 632 Kepala Keluarga (KK) sedangkan miskin 2.295 KK. Sementara untuk Kecamatan Sukajaya, jumlah fakir ada 607 KK dan miskin 1996 KK. Penyaluran sendiri diperkirakan akan memakan waktu dengan melibatkan Bantul Mal Gampong dan Perangkatnya.

“Sebagai rinciannya penerima untuk Kecamatan Sukakarya 632 KK atau 808 tanggungan keluarga, Kecamatan Sukajaya 607 KK atau 749 tanggungan keluarga. Total Sanif Miskin di Kecamatan Sukakarya 2.259.KK atau 5.459 tanggungan. Kecamatan Sukajaya jumlah Senif Miskin 1.996 KK atau 5.068 tanggungan”, terang Zulhelmi. (Jalaluddin Zky).