Disperindag Aceh Pamerkan Produk Unggulan Lokal

oleh -82 views

Tangerang (ADC)- Provinsi Aceh ikut ambil peran dalam Pameran Trade Expo dan Pangan Nusa 2018, yang diselenggarakan di ICE BSD Tangerang Banten. Dalam kegiatan itu, Aceh yang diwakili oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh, memamerkan beberapa produk unggulan lokal. Di antaranya adalah, bumbu masak Meurasa, Hananan Coffe Gayo, Aroma food, Cilet Chocolate, Bawardi Coffe Gayo, Tas BA souvenir, Wadah pot bunga anyaman serta aneka kerajinan Situek.

Kepala Dinas Industri dan Perdagangan Aceh, Muhammad Raudhi, mengatakan. Seluruh produk lokal Aceh ini, sangat diminati para pengunjung, baik dalam negeri maupun dari luar negeri. Ia berharap, di akhir pameran nanti, akan ada buyer yang bekerjasama dengan pengusaha binaan Disperindag Aceh. Hal itu, sebagai upaya untuk memajukan pengusaha lokal dan sebagai wadah penampungan tenaga kerja kreatif.

“Dengan demikian, serapan tenaga kerja di sektor informal akan meningkat dan membantu menurunkan angka kemiskinan di produk lokal IKM Aceh,” kata Raudhi, Jumat 26 Oktober 2018, di ICE BSD.

Selain itu, lanjut Raudhi, sektor UMKM Aceh diyakini akan menumbuhkan semangat kreativitas orang-orang muda Aceh agar mampu memunculkan karya-karya kreatif yang tinggi dengan nilai ekonomis yang diminati pasar.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo menyebutkan. Kegiatan yang berlangsung sejak 24 hingga 28 Oktober 2018, bertujuan untuk meningkatkan daya ekspor produk lokal ke luar negeri, dimana tahun 2017 peningkatan ekspor mencapai 5%.

“Dengan digelarnya Trade Expo dan Pangan Nusa 2018 ini, diharapkan terjadi peningkatan eksport sebesar 8% secara nasional,” pinta Joko Widodo, pada saat membuka acara itu. (Ahmad Fadil/Rel)

BACA..  ACT dan MRI Ajak Komunitas Kolaborasi Peduli Korban Erupsi Semeru