Pihak Pelabuhan BPKS, Dituding Jadi Agen Jual BBM

oleh -87 views

Sabang (ACD)- Pihak pelabuhanan Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), dituding menjadi agen Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk di jual kepada kapal layar milik orang asing (bule) pada tanggal 21 Mei 2019 lalu. 

“Hal tersebut, terlihat pada tanggal 21 Mei lalu, yang diajukan oleh Klaw Hohberg, yang mengajukan permohonan pembelian BBM jenis solar untuk diisi ke kapal layar Sly Kapita, yang berjangkar di Teluk Sabang. Namun pihak permohon, tidak mencantumkan jumlah permohonannya” kata Syahrul kepada media ini, Sabtu 25 Mei 2019.

Syahrul juga mengatakan, permohonan pembelian BBM jenis solar itu, juga ditunjukan surat Salinan Pertama dengan kade (Kastam 10—Pin 1/77) dan (Kastam 10—Rev 1/77), yang dikeluarkan Jabatan Kastam Diraja Malaysia/Royal Malaysian Customs Department Pelepasan Pelabuhan Port Clearance.

Dalam surat itu, juga diterangkan, bahwa dari Jeti Kuah Langkawi nama bahtera Lapita, tarikh pelepas 15/5/19 dengan muatan 51.98 berbendera British, nahkoda Klaw Hohberg, tujuan Phuket Thailand-Sabang.

“Pihak pelabuhan BPKS kemudian mengeluarkan surat nomor 07/UMP-BPKS/V/2019. Surat tanggal 20 Mei itu, ditujukan kepada PT. Pertamina Depot Sabang, untuk permintaan Bunker BBM solar (harga industri) sebanyak 500 liter,” ungkapnya.

Tidak diketahui, kapal layar tersebut merupakan peserta Sabang Marine atau bukan. Karena sampai sampai berita ini diterbitkan, pihak kepala pelabuhan BPKS yang dikonfirmasi via telepon genggamnya tidak menjawab.

Sementara itu, pada saat pengisian dilakukan, sempat merepotkan sejumlah petugas keamanan. Pasalnya, pihak pelabuhan BPKS tidak berkoordinasi dengan pihak keamanan yang ada di Sabang.

BACA..  Grand Opening ASL Law Office Advocate Sekaligus Santuni Anak Yatim

Konon dalam pengisian BBM itu, dilakukan secara menual dengan menggunakan jerigen. Maka dituding, pihak pelabuhan BPKS terkesan menjadi agen BBM kapal bule. (Jalal).