HIMASIL Minta Pemkab Aceh Singkil Tingkatkan Kesejahteraan Daerah

oleh -118 views

Banda Aceh (ADC)- Berdasarkan UURI No 14 tahun 1999, tepatnya pada tanggal 20 April 1999, Aceh Singkil resmi menjadi sebuah Kabupaten Pemekaran dari Kabupaten Aceh Selatan.

Kabupaten Aceh Singkil adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Aceh. Kabupaten ini juga terdiri dari dua wilayah, yakni daratan dan kepulauan. Aceh Singkil sendiri terdiri dari, 11 Kecamatan dan memiliki ibu kota tepatnya di Singkil.

Hal itu disampaikan salah satu pengurus Himpunan Mahasiswa Aceh Singkil (HIMASIL) Lhokseumawe dan Aceh Utara, Haryadi, melalui pesan Whatshap kepada media ini, Jum’at 26 April 2019. 

“Sabtu tepatnya pada tanggal 27 April 2019, merupakan hari teristimewa khususnya bagi masyarakat Aceh singkil. Dimana pada hari tersebut, merupakan Hari Ulang Tahun ke- 20 Kabupaten Aceh singkil, berarti pada tanggal tersebut, Aceh Singkil telah genap berusia 20 tahun, pasca dimekarkan dari Kabupaten Aceh Selatan,” ujarnya.

Haryadi juga mengatakan, meskipun sebenarnya Aceh singkil, telah di resmikan pada tanggal 20 April, namun mengingat terkendala oleh birokrasi, maka Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil, belum siap betul mungkin dikarenakan adanya kendala oleh sesuatu dan lain hal.

“Maka dari itu, Pemkab Aceh singkil mengakui Kabupaten Aceh Singkil berdiri pada tanggal 27 April 1999. Namun hingga kini, masyarakat mengakui Kabupaten Aceh Singkil berdiri pada tanggal tersebut.

“Selaku mahasiswa Aceh singkil yang berada di Lhokseumawe dan Aceh Utara, kita berharap, semoga dengan bertambahnya usia Kabupaten Aceh Singkil ini, khususnya kepada Bupati dan Wakil Bupati beserta seluruh jajarannya, supaya dapat bekerja keras demi mewujudkan Aceh singkil yang bebas konflik, damai, aman dan sejahtera,” pintanya.

BACA..  Buka Rapat, Ketua DPRA: Dinamika Dalam Pembahasan Jadi Referensi

Selain itu. kami juga menuntut keras agar Pemkab Aceh singkil, mampu mengangkat derajat Kabupaten Aceh Singkil dari status ketertinggalan serta mampu mengeluarkan Kabupaten Aceh Singkil ini dari garis kemiskinan.

“Seharusnya kita mengambil contoh dari Pemerintah kota Subulussalam, dimana Kota Subulussalam adalah daerah pemekaran dari Kabupaten Aceh Singkil. Tapi kenapa mereka jauh lebih maju dibandingkan dengan kita” ungkap Haryadi.

“Jika dilihat dari usianya saat ini, Kabupaten kita jauh lebih tua bila dibandingkan dengan Pemko Subulussalam. Seharusnya Pemkab Aceh singkil berkaca dari kemajuan yang dimiliki oleh Subulussalam,” imbuhnya.

“Oleh karena itu, ia meminta kepada Pemkab Aceh Singkil, harus berfikir lebih keras lagi, kenapa Kota Subulussalam bisa lebih maju jika dibandingkan dengan Aceh Singkil. Jadikan itu sebagai acuan untuk kebangkitan Kabupaten Aceh Singkil kedepannya,” harapnya.

Ia juga menambahkan, “Mudah-mudahan, dengan adanya perayaan hari jadi Kabupaten Aceh Singkil yang ke-20, para pembuat kebijakan, di Kabupaten ini, dapat bekerja lebih maksimal dan serius lagi dalam memperhatikan Kabupaten ini kedepannya,” tutup Haryadi. (Ahmad Fadil)