Wakil Ketua DPRK Abes, Soroti Masalah Sampah di Jalan Nasional

oleh -90 views

 GOOGLE NEWS

Aceh Besar| AP- Keindahan dan kebersihan jalan pasar Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya kembali dihantui oleh banyaknya tumpukan sampah yang masih ditemukan berserakan di pinggir-pinggir jalan Nasional Sabtu (25/3/2017). Salah satunya terlihat di Jalan Soekarno-Hatta arah menuju pasar Lambaro. Di sana, terdapat dua titik tumpukan sampah yang telah menumpuk sebelum sampai di jempatan Lamsayeun dan depan toko arah pasar Lambaro .

Menanggapi keluhan masyarakat tersebut, Wakil Ketua DPRK Aceh Besar, Zamzami MT, meminta kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Besar dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan untuk agar dapat segera membersihkan tumpukan-tumpukan sampah yang berserakan yang tersebar di beberapa titik di jalan Nasional.

Dengan mengenakan pakaian baju kaos,  Zamzami turun dari mobil dan menghampiri tumpukan sampah di jalan Nasional arah pasar Lambaro. Sampah-sampah itu terlihat menjalar di pinggir jalan raya dengan aroma tak sedap. Bahkan saat berada di Ulee Karen Zamzami mengaku banyak menerima laporan dari masyarakat terkait dengan permasalahan sampah di Kabupaten Aceh Besar terutama melalui media sosial (facebook).

“Banyak masyarakat yang ramai laporan melalui media sosial facebook dan WhatsApp Grup  dengan mengirim foto tumpukan sampah yang tidak diangkut-angkut pada hari Sabtu dan Minggu di kawasan Aceh Besar,” ujarnya.

Peran masyarakat, terutama Keuchik hingga Camat setempat sangat vital dalam menjaga kebersihan lingkungan, namun kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya masih sangat minim.

Dijelaskan Zamzami menjaga kebersihan itu sebagian dari pada iman, ini merupakan salah satu kebutuhan dan kewajiban semua pihak, karena dengan bersih itu hidup akan menjadi sehat dan suasananya terlihat indah dipandang mata.

Untuk itu, politikus Partai Nasdem Aceh Besar ini juga mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya para pedagang yang berjualan di pasar Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya untuk dapat berperan serta dalam menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing, terutama dalam membuang sampah rumah tangga dan sampah lain-lain sesuai waktu yang ditentukan oleh Pemkab Aceh Besar.

“Peran serta masyarakat dan para pedagang saat ini sangat dibutuhkan. Kami mengimbau masyarakat dan para pedagang untuk tidak membuang sampah sembarangan, dan jika itu tetap dilakukan maka waktunya harus sesuai dengan yang telah ditentukan pemerintah agar sampah-sampah rumah tangga tersebut dapat diangkut oleh dinas terkait sehingga tidak terjadi penumpukan sampah yang mengganggu kenyamanan, kebersihan, dan keindahan pasar Lambaro yang kita cintai ini,”harapnya.[DW]