banner 700250

Badan Pertanahan Nasional Sabang Canangkan Pembangunan Zona Integritas

oleh -271 views

Sabang (AD) – Guna menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Sabang, mencanangkan Pembangunan Zona Integritas. Hal itu, dilaksanakan BPN dengan menandatangan fakta integritas yang dilaksanakan, Selasa (25/08/20).

Penandatanganan integritas tersebut ditantangani oleh Kepala Kantor BPN Sabang Muliadi, S.SiT, MM, Kepala Kejaksaan Negeri Sabang Choirun Parapat,SH,MH, Asisten I Pemko Sabang Andre Norman, perwakilan Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Aceh Arinaldi,S.SiT,SH,MH, IPTU Abdul Halim mewakili Polres Sabang, Ketua Pengadilan Negeri Sabang Syihabuddin,SH,MH, dan Ketua PWI Sabang diwakili Jalaluddin Zky.

Kepala Badan Pertanahan Kota Sabang Muliadi S.SiT., MM usai menandatanganan fakta integritas kepada awak media mengatakan, pencanangan zona menuju WBK dan WBBM ini bentuk atas komitmen bersama dari seluruh staf dan pegawai BPN Sabang dalam mengubah mindset atau pola fikir yang lebih modern dan baik.

Lembaga Pertanahan Nasional adalah kantor pelayanan publik, maka dalam melayani masyarakat dituntut untuk dapat bekerja secara profesional mudah dipahami masyarakat awam dalam segala urusan.

BACA..  Istri Bupati sampaikan Apresiasi Kepada Camat dan Geuchik Gampong

“Seperti kita ketahui bersama sekarang ini kita sedang menghadapi wabah Covid-19. Pun begitu kami harus tetap bisa melayani masyarakat semaksimal mungkin, meski harus membatasi tatap muka dan berinteraksi langsung dengan petugas. Itu semua kami lakukan demi meningkatkan pelayanan sesuai apa yang sudah kami luncurkan beberapa inovasi seperti layanan pengaduan yang bersifat online supaya masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor BPN. Oleh karenanya masyarakat sudah bisa melakukan pengaduan secara online, nanti kita akan jawab,” kata Muliadi.

BACA..  Ibu TP PKK Bireuen Ikut Bimtek

Memang lanjut Muliadi, sistem kerja secara online masih baru, sehingga masyarakat banyak yang belum mengetahui. Namun diyakini secara perlahan pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada stakeholder dan notaris, dengan dinas pertanahan dan lainnya guna mempercepat sistem ini dapat diketahui dan dilakukan.

“Mulai hari ini kita sudah berkomitmen akan melakukan semuanya. Action sudah kita mulai diharapkan adanya pegawasan dari pihak lain untuk sama-sama mengingatkan kami. Agar pelayanan yang kami berikan akan semakin baik ke depan., dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan SOP,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Aceh diwakili Kabid Infrastruktur Pertanahan BPN Aceh Arinaldy, S.SiT.,SH, MM menjelaskan, pencanangan eksternal yang kita gelar merupakan suatu azas publisitas, karena BPN hari ini BPN sudah berkomitmen dalam mewujudkan salah satu peraturan pemerintah, terkait dengan peningkatan dan perubahan terhadap reformasi birokrasi.

Sebelum pencanangan external ini kami sudah melakukan pencanangan internal membangun komitmen kepada seluruh karyawan dari kepala kantor sampai kepada unsur ke bawah ataupun karyawan fungsional dan struktural BPN sendiri.

“Untuk mewujudkan program ini kami juga melibatkan Forkopimda atau tim penilai, sehingga hari ini kita melakukan pencanangan zona integritas dalam tahapan untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi (WBK).Program ini akan terus berjalan dan ada beberapa nilai pengungkit yang nantinya kita akan menuju kepada (WBBM),” jelasnya.

Arinaldi menambahkan, pencanangan eksternal wilayah bebas korupsi ini merupakan suatu amanat Undang-Undang, dimana seluruh lembaga pemerintahan diwajibkan suatu birokrasi yang bebas korupsi dan bebas gratifikasi.

“Khusus di internal Kanwil BPN Aceh kita berkomitmen di tahun 2020 ini, 21 Kabupaten/Kota ditambah Kanwil Provinsi Aceh sebelum tanggal 24 September 2020, seluruh kantor BPN yang ada di Aceh sudah melakukan pencanangan zona integritas dalam menuju WBK. Untuk Kota Sabang hari ini adalah kota yang ke 15 yang telah melakukan pencanangan zona integritas,” terangnya.

Kontributor Sabang : Jalaluddin