Nelayan Asal Aceh Timur di kabarkan Hilang

oleh -98 views
Foto: Ilustrasi

Idi (ADC) Tiga nelayan asal Aceh timur di kabarkan hilang kontak saat berada di tengah laut, Sabtu malam 23 Juni 2019.

Nelayan tersebut adalah Budiman (45) Feri (18) Muslim (27) seluruhnya tercatat sebagai warga Dusun Teupin Raya, Gampong Teupin Pukat, Kecamatan Nurussalam, Kabupaten Aceh Timur.

Informasi yang diterima wartawan media ini, Senin 24 Juni 2019, disebutkan bahwa ketiga nelayan tersebut mengangkat jangkatnya Sabtu malam, namun sejak Minggu, 23 Juni 2019 sore, dikabarkan hilang kontak dengan pihak didaratan.

Nelayan tradisional itu diketahui menggunakan satu unit perahu kecil ukuran tumpangan 3 hingga 5 orang dan berlayar menuju lokasi penangkapan ikan seperti biasanya. Tapi hingga Minggu sore tidak ada khabar mereka kembali dan kontak dengan mereka pun terputus.

BACA..  Polda Aceh Gagalkan Peredaran 133 Kilogram Sabu Jaringan Internasional

Panglima laot Lhok Bagok yang dikonfirmasi melalui Wakilnya, Panglima Saiful, membenarkan bahwa kejadian tersebut.

Menurut Saiful, kebiasaan para nelayan yang melaut di malam hari, akan kembali pada paginya untuk menjual hasil tangkapannya dan beristirahat demikian sebaliknya jika melaut di pagi hari akan kembali menjelang malam hari, kecuali yang berlabuh dengan limit waktu lama dan menggunakan kapal besar.

Namun, tiga nelayan yang berangkat pada Sabtu malam itu, hingga Minggu sore, belum kunjung kembali, upaya komunikasi yang dicoba lakukan oleh pihak terkait juga tidak berhasil, karena putus kontak dengan nelayan dimaksud.

“Biasanya nelayan tersebut pergi malam, siang udah pulang melaut, namun sampai hari ini tiga nelayan tersebut belum juga kembali,” Kata Saiful.

Lebih lanjut kata Saiful, kapasitas bekal dan armada bot yang digunakan para nelayan itu, diperkitakan posisi mereka hanya mampu menjangkau hingga di posisi 40 mil laut dari bibir pantai. Tapi jika terjadi sesuatu maka dipastikan akan bisa terbawa ke arah lain bahkan bisa lebih jauh dari target sasaran.

BACA..  ACT dan MRI Ajak Komunitas Kolaborasi Peduli Korban Erupsi Semeru

Pada kesempatan tersebut, Saiful berharap ketiga nelayan itu dalam kondisi sehat dan aman aman saja, serta berpesan kepada seluruh masyarakat nelayan yang ada dipesisir selat malaka untuk dapat membantu mencari dan sejumlah tindakan juga sudah diambilnya termasuk melaporkan kepada Tim SAR Aceh Timur, untuk segera melakukan pencarian ke titik lokasi yang diperkirakan mereka berlabuh Sabtu malam.

“Kami minta kepada teman-teman nelayan di seluruh pesisir Selat Malaka. Untuk ikut membantu mencari nelayan tersebut,” demikian pesan Saiful. (Zainal).