Satu Unit Rumah Berkonstruksi Kayu di Tanah Jambo Aye Hangus Terbakar

oleh -40 views
Babinsa Buket Jrat Manyang dan anggota Polsek Tanah Jambo Aye serta masyarakat sedang membersihkan puing-puing sisa kebakaran di lokasi.

Aceh Utara, (AD) Satu unit rumah yang Berkonstruksi kayu milik Abdul Somad sapaan akrabnya Toke Somad (54) yang terletak di Dusun Buket Nibong, Gampong Buket Jrat Manyang, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara hangus terbakar, Selasa malam, (24/5/2022).

Dandim 0103 Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto SAP, melalui Danramil 14 Tanah Jambo Aye Kapten Inf Saifullah pada media lewat laporannya, Rabu, (25/5/2022) mengatakan rumah yang terbakar di Buket Nibong, Gampong Buket Jrat Manyang merupakan milik Abdul Somad warga Gampong Matang Maneh, Kecamatan Tanah Jambo Aye.

Rumah terbakar di Buket Nibong, Gampong Buket Jrat Manyang, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara Tidak tersisa.

Rumah tersebut, jelasnya Saifullah ditempati oleh Nurdin (54) yang merupakan pengurus perkebunan kelapa sawit, warga Buket Padang, Kecamatan Tanah Jambo, Aceh Utara.

Ia menjelaskan, pukul 21:00 WIB Nurdin meninggalkan rumah yang ditempati olehnya dalam keadaan terkunci, dimana dirinya (Nurdin) pulang kerumahnya ke Gampong Buket Padang. Kejadian terbakar rumah tersebut disaksikan oleh Sabar (30) warga Gampong Buket Jrat Manyang. Sabar menerima informasi terbakarnya rumah Toke Somad dari Tadir (28) yang juga warga Gampong setempat.

Sabar memberi tahukan kejadian tersebut kepada Muhajir (30), dan Muhajir selanjutnya memberi tau kepada Nurdin dan masyarakat setempat. Lalu pada pukul 21:30 WIB masyarakat tiba di lokasi kejadian dan melihat rumah sudah hampir habis terbakar dan masyarakat membantu membersihkan sisa api sebelum pihak kepolisian dan personil Koramil 14/TJA datang ke lokasi kebakaran, ungkapnya Danramil.

Tambahnya, pada pukul 21:45 Wib Nurdin selaku orang yang menempati rumah Toke Somad tersebut tiba di lokasi kebakaran dan rumah sudah habis terbakar dan tinggal sisa api. Begitu mendapatkan informasi Babinsa Buket Jrat Manyang dari Koramil 14 Tanah Jambo Aye, Kodim 0103 Aceh Utara Serka Gusnaidi dan 3 anggota Polsek Tanah Jambo Aye langsung bergerak ke tempat kejadian kebakaran.

Begitu tiba di lokasi Babinsa dan anggota Polsek bersama-sama masyarakat langsung ikut membantu padamkan sisa-sisa api dan serta dapat mengamankan 8 Karung padi dari sisa -sisa api yang telah berhasil di padam kan.

Dari kejadian kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa. Cuma material yang ikut terbakar diantaranya 1 unit sepeda motor jenis honda Revo warna hitam, 1 unit kulkas, 2 unit mesin potong kayu (senso), dan 23 karung padi serta perlengkapan lainnya, dari kejadian tersebut kerugian yang dialami sebesar Rp. 100.000.000.(Seratus Juta Rupiah), sebut Saifullah.

“Pihak kita belum mengetahui motif terbakarnya rumah Abdul Somad (Toke Somad). Apa diakibatkan arus pendek listrik atau ada dugaan pihak lain yang tidak senang kepada pengurus kelapa sawit Toke Samad yang di karenakan bukan warga desa Buket Jrat Manyang,” pungkasnya.[]

Laporan : Sayed Panton