Polisi Periksa Wartawan Yang Liput Penistaan Agama di Hotel Novita

oleh -193 Dilihat

JAMBI | AP-Kapolresta Jambi, Kombes Bernard Sibarani, mengatakan bahwa pihak kepoliasian melakukan pemeriksaan terhadap tiga orang wartawan yang meliput penistaan agama di Hotel Novita.

“Ada tiga wartawan, kita mintai keterangan, dari semalam sampai saat ini secara meraton masih kita minta keterangan,” kata Bernard saat di Konfirmasi KabarJambi.net di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu (24/12/2016).

Ia berjanji akan segera melepas ketiganya, lantaran aturan HAM. Dijelaskannya, kalau saja pihaknya melakukan pemeriksaan lebih dari 24 jam tentu sudah melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).

BACA..  Polri Siap Amankan Welcoming Dinner Delegasi WWF di GWK

“Karena mereka belum tersangka, nanti kita kembalikan kalau sudah selesai, tergantung dengan penyidiknya, ya,” pungkas Bernard.

Kasus ini mencuat setelah warga Jambi bergejolak begitu mengetahui temuan lafaz Allah digunakan sebagai bagian dari dekorasi natal di lobi hotel Novita. Foto dan videonya menyebar dengan cepat melalui aplikasi pesan instan dan media sosial.

BACA..  Persiapan Polri Amankan Opening Ceremony WWF ke-10 di Bali

Dalam foto tersebut tampak bangunan gereja berlatar pohon cemara hias. Di sisi kiri dan kanannya terdapat boneka salju. Di bagian depan yang menjadi pekarangan gereja tertulis lafaz Allah. 

Malam itu juga, warga berkerumun di depan hotel yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto No. 44, Pasar Jambi, Kota Jambi, itu. Karopenmas Polri Kombes Pol Rikwanto membenarkan temuan warga tersebut. “Saat ini, kasusnya masih terus dikembangkan,” ujarnya saat hubungi Republika.co.id, Sabtu (24/12).

Rikwanto menjelaskan sejumlah orang telah diperiksa terkait susunan batu taman bertuliskan lafaz Allah dalam bingkai yang membentuk telapak kaki tersebut. “Semuanya diperiksa, terutama manajemen hotel dan siapa yang membuat (dekorasi natal) itu,” ujarnya. [NUSANEWS]