Wali Kota Terima Penghargaan Dari Menteri Keuangan RI

oleh -140 views

Laporan | Ahmad Fadil
Banda Aceh (AD)- Pemerintah Kota Banda Aceh kembali meraih penghargaan level nasional dari Menteri Keuangan RI atas capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), atas Laporan Keuangan Daerah (LKPD) tahun 2019.
Penghargaan dari Menteri Keuangan ini diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Aceh, Safriadi SE MEc PhD kepada Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, di Pendopo Wali Kota, Selasa 24 November 2020.
“Hari ini, kami menyampaikan amanah dari Menteri Keuangan RI dengan menyerahkan penghargaan kepada Wali Kota atas torehan Pemko Banda Aceh meraih WTP 12 kali berturut-turut atas penyusunan laporan keuangan daerah yang diaudit BPK pada tahun 2019,” kata Safriadi.
Kata Safriadi, torehan penghargaan 12 kali berturut-turut ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan, karena hanya sedikit Kabupaten/Kota di Indonesia yang meraihnya.
“Ini torehan emas, semoga apa yang telah diraih Pemko Banda Aceh menginspirasi dan memotivasi daerah lain untuk bisa mencapai prestasi yang sama,” ujar alumni Saga University, Jepang ini.
Selain itu, kata Safriadi, raihan Opini WTP Pemko Banda Aceh dibawah kepemimpinan Aminullah Usman bukanlah satu-satunya prestasi yang tercatat oleh pihaknya. Sebelumnya Pemko juga telah menerima penghargaan sebagai Kabupaten/Kota tercepat dalam penyaluran Dana Desa (DD) tahun 2020, dimana telah berhasil menyalurkan 100 persen atau senilai Rp75,98 M dari pagu untuk 90 gampong.
Sementara, untuk DAK fisik dan cadangan DAK fisik sendiri, capaian sudah di atas 90 persen. Diungkapkannya, DAK fisik telah disalurkan ke Banda Aceh Rp36,99 M atau 96,34 persen dan cadangan DAK fisik mencapai Rp14,67 M atau 98,60 persen dari pagu.
“Apa yang dilakukan oleh Pemko telah sesuai dengan aturan yang berlaku, juga sesuai dengan koridor penyusunan laporan keuangan yang berlaku. Semoga ini memberikan kontribusi yang semakin positif dalam upaya kita meningkatkan kesejahteraan masyarakat Banda Aceh,” harap Safriadi.
Sementara itu, Aminullah Usman mengucapkan rasa syukur atas keberhasilan Pemko Banda Aceh yang mampu mempertahankan opini WTP 12 kali secara berturut-turut.
“Mungkin ini salah-satu yang terbanyak di Indonesia. Kami ucapkan terimakasih kepada Ibu Menteri yang telah memberikan penghargaan ini, dan juga kepada Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Semoga memotivasi kami bekerja lebih baik lagi kedepannya,” ujar mantan Direktur Bank Aceh ini.
Kepada jajaran Pemko, Wali Kota mengingatkan, agar tidak cepat berpuas diri dengan terus bekerja keras supaya kedepannya dapat dipertahankan dan bahkan ditingkatkan lagi.
“Kita bersyukur atas prestasi hari ini, ke depan harus lebih baik lagi dengan terus bekerja keras. Ini penting agar kepercayaan masyarakat kepada Pemko terus tercipta, karena keuangan daerah benar-benar digunakan untuk publik,” ungkap Aminullah.
Usai acara penyerahan penghargaan tersebut, Wali Kota dan Ditjen Perbendaharaan Provinsi Aceh saling bertukar cindera mata.
Acara ini diakhiri dengan sesi foto bersama. Wali Kota bersama Plt Sekda Muzakkir Tulot, Kepala BPKK Iqbal Rokan, Inspektur Inspektorat Rita Pujiastuti, Kepala Bappeda Weri dan Kabag Humas Said Fauzan, Safriadi dan para pejabat jajaran Kanwil DJPb Provinsi Aceh. (*)

BACA..  Yalsa Boutique Luncurkan Busana Muslim Terbaru Aceh