Wali Kota Sabang Gelar Silaturrahmi dengan Para Keuchik dan KIG, Sekaligus Buka Puasa Bersama

oleh -63 views

Sabang (ADC)- Walikota Sabang Nazaruddin, S.I.Kom, melakukan Silaturrahmi dengan para Keuchik dan Kelompok Informasi Gampong (KIG) se- Kota Sabang, di Taman Kota Sabang, Kamis 23 Mei 2019.

Silaturahmi yang bertemakan, “Tingkatan Kualitas KIG Dengan Keterbukaan Informasi“, dihadiri Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh, dan dinas terkait di lingkungan Pemerintah Kota Sabang.  

Wali Kota Sabang Nazaruddin, S.I.Kom dalam sambutannya mengatakan, sebagai mitra Pemerintah Gampong (Desa), KIG  diharapkan dapat mengumpulkan dan mengolah data desa untuk kemudian di input ke  Aplikasi  Sistem Informasi Gampong.

Nazaruddin juga menyebutkan,, KIG memiliki fungsi sebagai pengumpul, pengolah, penginput dan penyampai informasi. Sudah selayaknya berekerjasama dengan Pemerintah desa untuk saling mendukung dan melaksanakan Aplikasi Sistem Informasi Gampong (SIGAP), web www.ampong.id .  

Menurutnya, keberadaan KIG adalah, sebagai corong informasi terdepan memiliki peran strategis dalam mewujudkan  pembangunan suatu daerah untuk lebih maju dan berkembangkan.

“Yang terpenting sekarang adalah, mari kita sama-sama memanfaatkan potensi yang ada di masing masing Satuan Kerja Perangkat Kota (SKPK) dalam mewujudkan Pembangunan Kota Sabang yang lebih baik lagi kedepan,” ajak Wali Kota.

Sementara itu, Kepala Diskominfo, Statistik dan Persandian Kota Sabang Drs. Ridwan, MD menjelaskan, untuk peningkatan kualitas dan peran KIG, pihaknya  bersama Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Aceh akan melaksanakan pelatihan bagi KIG yang akan berlangsung mulai tanggal 25  hingga 27 Mei 2019.

BACA..  DPRA Ingatkan Pemerintah Aceh Untuk Perbaiki Tata Kelola Pemerintahan

Karena Sistem Informasi Gampong, sangatlah bermanfaat dalam rangka mempromosikan potensi gampong dan kebutuhan apa yang masih dibutuhkan. Hal ini tentunya, juga sangat bermanfaat bagi Pemerintah Kota Sabang khususnya Bappeda, dalam memperoleh data yang akurat.

“Maka dari itu, ia berharap, program ini dapat berjalan dengan baik dan bisa menjadi salah satu kota percontohan bagi kabupaten/kota lainnya di Aceh, dalam hal penyajian data melalui website gampong,” pungkas Ridwan.

Lanjut Ridwan, pelaksanaan kegiatan pelatihan yang akan berlangsung selama tiga hari itu, merupakan tindak lanjut dari penandatangan komitmen Keuchik dan Ketua KIG se-Kota Sabang, dalam rangka meningkatkan potensi gampong melalui pemanfaatan Sistem Informasi Gampong,” ungkapnya.

“Kita ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang  telah mendukung terlaksananya kegiatan ini, yang diharapkan dapat memberikan makna yang positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutup Ridwan.  (Jalal)