68 Calon Komisioner KIP Aceh Timur Tes Tulis, 1 Pesrta Gugur

oleh -75 views

Idi (ADC) Sebanyak 68 dari 69 calon Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Timur periode 2018-2023, yang sebelumnya dinyatakan lolos seleksi administrasi, mengikuti ujian tulis di Ruang Sidang Utama dan Ruang Sidang B Gedung DPRK Aceh Timur, Senin 22 Oktober 2018.

Satu orang tidak hadir tanpa pemberitauan. Dia Otomatis gugur dari proses seleksi tersebut kata Musyawir, Ketua Tim Independen Penjaringan dan Penyaringan Calon KIP Aceh Timur, usai tes tulis tersebut.

Dengan Didampingi Sekretaris M Jamil, M.Si dan tiga anggota Pansel lainnya, Musyawir menambahkan, dari 68 peserta yang ikut tes tulis tersebut akan diseleksi 30 orang berdasarkan jenjang nilai tertinggi, untuk kemudian ikut ke tahap seleksi berikutnya tambahnya lagi.

Tentu Tes tulis ini, tahapan kelima dari serangkaian tahapan yang kita laksanakan sesuai dengan amanah Qanun Nomor 6 Tahun 2016 dan regulasi terkait lainnya. Setelah ini, tentu peserta yang lolos 30 besar otomatis berhak ikut tes uji publik atau tahap sanggahan, paling lama 7 hari nantinya setelah pengumuman seleksi tes tulis ini di rincikannya lagi.

Selama masa sanggahan ini, masyarakat di himbau berpartisipasi memberikan sanggahan atau informasi secara tertulis, lisan atau lewat email dan media sosial panitiabyang lainya. Tujuannya, untuk serta agar peserta yang lolos 15 besar benar-benar diisi oleh orang-orang yang profesional dan berintegritas tinggi nantinya.

Dengan Identitas penyanggah atau pemberi informasi bisa kita rahasiakan nantinya. Tapi informasi yang disampaikan wajib akurat serta bisa dipertanggung jawabkan didunia akhirat. Jangan hoax atau fitnah. Sementara Sanggahan yang disampaikan terkait persyaratan menjadi KIP, semisal soal tidak pernah menjadi anggota atau pengurus parpol lainya, tidak satu ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu juga dan lain-lain kata Musyawir lagi.

Para peserta tes tulis calon KIP Aceh Timur mengerjakan 100 soal choice, 5 essay dan satu makalah terstruktur. Ujian dilaksankan dengan sistim non CAT. Sementara waktu pengerjaan yang disediakan panitia 120 menit atau dua jam, mulai pukul 10:00 s/d pukul 12:00. Nantinya tandas ketua panitia tersebut. ( Zal/ardi).

BACA..  PDA Resmi Berganti Nama Menjadi Partai Darul Aceh