Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

PT. Asia Diving Bersihkan Sisa Tumpahan Minyak

oleh

Sabang (Atjeh Daily) PT.Asia Diving pada tanggal 23 Septembet 2017, melakukan pembersihan sekitar laut wilayah pantai Balik Gunung, Kecamatan Sukakarya Sabang.

Pembersihan laut yang dilakukan PT.Asia Diving itu, menindaklanjuti atas tercecernya sisa minyak dan menjadi pencemaran laut disekitar pantai Balik Gunung.

Tumbahan minyak yang diakibatkan proses kerja penyelamatan kapal kargo MV.Pataya lll, yang kandas beberapa bulan pihak di lokasi dimaksud, pihak PT.Asia Diving menyatakan bahwa, bertanggung jawab atas pencemaran itu.

Manager Operasi PT.Asia Diving Rudi, Sabtu (23/09/17) kepada wartawan mengatakan, d kronologi awal terjadinya pencemaran laut, pantai Balik Gunung yang terjadi pada hari Kamis 21 September 2017 lalu.

BACA..  Gangguan Layanan TelkomGroup di Area Sumatera Bagian Utara

Menurut Rudi, saat itu teknisi yang bekerja menyelamatkan kapal MV. Pataya III yang kandas itu, sedang melaksanakan penyedotan air laut yg berada didalam kapal, setelah air habis disedot terjadi pihak pekerja mereka lupa, bahwa mereka sedang membuang air laut untuk dibuang dari kapal.

Mereka ketika itu bertugas menunggui mesin penyedot air, karena mereka lupa sehingga ada sebagian oli kotor ikut tersedot keluar.

Setelah mereka mengetahui adanya pencemaran laut para pekerja PT. Asia Diving segera menaburkan cemikal kepermukaan air laut yang tercemar guna mengisolasi air yang tercemar agar tidak makin melebar.

BACA..  Sambut HANTARU 2021, BPN Aceh Gelar Upacara Secara Virtual

Mudah-mudahan sampai saat ini belum ada laporan dari nelayan atau warga masyarakat yang melihat adanya dampak dari pecemaran seperti, ikan mati atau lainnya.

Menyagkut adanya pencemaran yang diakibatkan pekerjaan penyelamatan kapal maka MV. Pataya lll. Maka, pihak PT. Asia Diving mengirim rilis pers kepada awak media tentang hal tersebut., kata Rudi.

Lebih lanjut dinyatakan bahwa apabila bangkai kapal kapal kargo MV.Mataya lll tidak segera ditangani dikhawatirkan kapal ambruk terkena badai akan menyebabkan pencemaran yang lebih parah karena didalam kapal ada sisa bahan bakar.

BACA..  Gangguan Layanan TelkomGroup di Area Sumatera Bagian Utara

Pihak PT.Asia Diving sudah berpengalaman dalam hal pekerjaan salvage ( penyelamatan kapal karam). Untuk itu sekali pihak PT.Asia Diving menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Sabang yang merasa terganggu dengan adanya kejadian ini dan juga sebagai bentuk pertanggung jawaban kami akibat pencemaran yang terjadi dipantai balik gunung kota Sabang.

Pihaknya, telah melakukan pembersihan dan jika ada dampak hal lainnya yang disebabkan diminta agar, memberitahukan kepada PT.Asia Diving., demikian disampaikan dalam rilis yang dikirim ke media ini. (jalal)