Program TNI Bermanfaat Untuk Masyarakat Menengah Kebawah

oleh -77 views
Lokasi keramba ikan air tawar program TNI yang ada di Desa Tanjung Dalam, Kecamatan Langkahan, Aceh Utara.

Aceh Utara, (AD) Bermacam program yang dicetuskan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dibawah Kodim 0103/ Aceh Utara demi terwujudnya ekonomi masyarakat menengah kebawah.

Program yang dicetuskan salah satunya membudidayakan ikan dengan menggunakan keramba dibawah binaan Babinsa Serda Syamsuddin, Koramil 29/Langkahan, yang ada di Desa Tanjung Dalam, Langkahan, Aceh Utara.

Keberhasilan Babinsa Serda Syamsuddin tersebut patut diapresiasi dalam mendongkrak ekonomi masyarakat dengan cara membuat kerambah desa Tanjung Dalam, “alhamdulilah hari ini masyarakat sudah mulai menciptakan program tersebut yang dibantu oleh Babinsa desa setempat,”: ujarnya Abdullah sebagai ketua keramba binaan Kodim 0103 Aceh Utara pada media ini, Kamis,(23/6/2022).

Keramba Ikan Air Tawar terletak di Desa Tanjung Dalam.

Sebelumnya, Serda Syamsuddin pernah mendapatkan penghargaan dari Pangdam Iskandar Muda yang diserahkan oleh Dandim 0103/ Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto tentang keberhasilannya dalam mengelola keramba yang ada di desa Tanjung Dalam, kata Abdullah.

Keramba yang dikelola oleh pihaknya, ungkap Abdullah sebelumnya ada 6 petak yang diberikan oleh Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Muhammad Hasan pada tahun 2020,” alhamdulillah hari ini kita sudah bisa mengembangkan keramba tersebut menjadi 130 petak dan sudah menampung tenaga kerja sebanyak 28 orang,” sebutnya Abdullah.

“Kini kami juga telah membuat pembibitan sendiri dari jenis pakan juga kami telah membuat ulat maggot dan azolla ini semua berkat ilmu yang diberikan oleh Bapak Ricky Aslog dari Kodam Iskandar Muda,” ujarnya.

Tempat pembibitan ulat maggot program TNI.

Pihaknya sebagai masyarakat desa yang sangat tertinggal mengucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada Bapak Mayjen TNI Muhammad Hasan, Bapak Baskoro yang sekarang beliau lagi menempuh pendidikan di Australia, kepada Dandim 0103/Aceh Utara, Danramil 29/Langkahan, dan Babinsa Tanjung Dalam Serda Syamsuddin.

Pihaknya sedang mengupayakan untuk 23 desa yang ada di Kecamatan Langkahan, “insyaallah kita juga akan bangun di Kecamatan Nibung, Aceh Utara peta maggot dengan rincian 3×4 meter dan satu unit kandang lalat Blac Order Plya untuk 20 desa yang ada di kecamatan Nibong tersebut,” ungkapnya.

“Semoga dengan ini bisa terbantu perekonomian masyarakat yang ada di desa-desa tertinggal di Aceh Utara,” katanya.

Dirinya mengharapkan, kalau bisa untuk tahun depan bimteknya dihentikan saja jadi setiap desa yang ada di Aceh Utara bisa mengembangkan azolla dan cara membuat maggot.

Insyaallah dengan cara ini setiap masyarakat yang ada di Aceh Utara bisa berhasil, pungkasnya Abdullah.[]

Laporan : Sayed Panton