Di Aceh Utara, 22.056 Keluarga Miskin Terima Kartu PKH

oleh -105 views

Lhoksukon (ADC)- Sebanyak 22.056 Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) di Kabupaten Aceh Utara menerima kartu Program Keluarga Harapan (PKH) yang disalurkan melalui dinas terkait. Informasi tersebut diterima , Rabu, 22 November 2017.

“Ini program perlindungan sosial yang memberikan bantuan uang tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dengan syarat dapat memenuhi kewajiban terkait pendidikan dan kesehatan,” ujar Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Drs. Jailani Abdullah melalui kasi Perlindungan dan Kesejahteraan Sosial, M. Yani, SH, kepada awak media melalui telpon selulernya.

Menurut pejabat itu, PKH bertujuan mengurangi beban RTSM dan diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar-generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari kemiskinan.

“Tim Nasional Penanggulangan Percepatan Kemiskinan (TNP2K ) pada tahun 2007 sudah mulai mendata Rumah Tangga Sangat Miskin di Provinsi Aceh, khususnya Aceh Utara. Dan TNP2K mengajukan program ini ke Kementrian Sosial dan program tersebut terealisasi pada tahun 2012, yaitu Program Keluarga Harapan yang saat ini sudah dinikmati oleh masyarakat,” sebutnya.

Tambah dia, selama Program tersebut diluncurkan oleh Pemerintah pada tahun 2012, sampai saat ini masyarakat Aceh Utara sudah mengatongi kartu ini sebanyak 22.056 keluarga miskin.

“Dengan adanya program PKH masyarakat miskin di Aceh Utara sudah menikmati hasil dari program tersebut dan mereka langsung menerima dana tunai yang diberikan melalui program ini,” ungkapnya.

BACA..  Bambang Antariksa Menilai SK Gubernur Terkait Sekda Aceh Tamiang Cacat Hukum

Seperti diketahui, PKH diberikan kepada Keluarga Sangat Miskin (KSM). Selanjutnya pada tahun 2016 Peserta PKH ditambahkan 2 kategori yaitu penerima bantuan untuk Lanjut Usia diatas 70 Tahun ke atas dan Bantuan penyandangan disabilitas berat.

“Harapan kita program ini bermanfaat bagi masyarakat miskin,” tutupnya. ( S ).