KIP Kota Sabang Gelar Mekanisme Verifikasi Perbaikan Dokumen Bagi Partai Politik Calon Peserta Pemilu

oleh -47 views
Ketua KIP Kota Sabang beserta Komisioner memberikan petunjuk penyelesaian persyaratan calon peserta Pemilu 2024.

 GOOGLE NEWS

SABANG, ATJEHDAILY.ID Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Sabang, menyelenggarakan Mekanisme Verifikasi Administrasi Perbaikan Dokumen Persyaratan Keanggotaan Partai Politik dan Partai Politik Lokal Calon Peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, yang digelar di lantai II Acirasa Coffee, Kamis (22/09/2022).

Hadir pada kegiatan tersebut antara lain Ketua KIP Kota Sabang, Ketua Panitia Pengawasan Pemilihan (Panwaslih), Polres Sabang, Kodim 0112/Sabang, para Komisioner KIP Kota Sabang, PWI Sabang, Para Ketua Partai Politik se-Kota Sabang,n Kasatpol PP dan Kaban Kesbangpol Kota Sabang.

Ketua KIP Kota Sabang Azman, SE mengatakan, tahapan yang akan dilakukan pada Pemilu akan datang ada sejumlah proses yang harus dipenuhi oleh calon peserta Partai Politik yang menjadi peserta Pemilu 2024.

Oleh karenanya tambah Azman, pada kesempatan ini perlu kami sampaikan bahwa baik peserta calon Pemilu dari Partai Politik dan pihak yang terlibat langsung, agar mengikuti tahapan-tahapan yang harus dipenuhi sesuai ketentuan yang berlaku., kata Azman.

KIP Kota Sabang mengharapkan kepada kaum hawa di Kota Sabang kiranya, dapat melibatkan diri dalam ranah politik pada Pemilu yang akan datang, karena ketentuan yang berlaku diharuskan bahwa tiga puluh persen kedudukan pada Pemilihan Legislatif adalah dari kaum perempuan.

“Kita harapkan pada Pemilu serentak yang akan datang ada keterlibatan tiga puluh persen kaum perempuan pada Pemilu Legislatif, karena ketentuannya seperti itu semoga Kota Sabang dapat terpenuhi kehadiran kaum perempuan,” harap Azman, SE.

Sebelumnya KIP pada tanggal 14 hingga 21 Agustus 2022 yang lalu, telah melakukan sosialisasi tentang mekanisme verifikasi perbaikan dokumen persyaratan Partai Politik baik Partai Nasional maupun lokal.

“Semoga pelaksanaan Pemilu baik Pemilihan Legislatif maupun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dapat berjalan dengan baik dan lancar serta jauh dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Kepada Partai Politik yang memenuhi diharapkan segara memperbaiki dan melengkapi persyaratan yang telah ditentukan, agar proses menjadi calon peserta Pemilu serentak yang akan datang bisa terdaftar sesuai ketentuan yang berlaku.

Kemudian bagi peserta yang berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) saat pelaksanaan Pemilu nanti sudah pensiun maka, yang bersangkutan dapat merubah status di kantor Catatan Sipil, tentunya dengan melampirkan Surat Keputusan (SK) pensiun yang dikeluarkan oleh negara.

Kepada pemilih pemula yang sudah berumur 17 tahun atau sudah pernah menikah, yang menjadi calon peserta Pemilu juga segera melaporkan diri pada Kelurahan dan Partai Politik yang didukung. Kemudian, batas akhir verifikasi perbaikan dokumen persyaratan keanggotaan Partai Politik batas waktu tanggal 28 Desember 2022 mendatang., tutup Azman.(Jalaluddin Zky).