Menyedihkan, Begini Kondisi Pustu Simpang Tiga Lhok Pawoh

oleh -93 views
Kondisi Pustu Simpang Tiga Lhok Payoh Kecamatan Manggeng yang menyedihkan

Abdya (ADC) – Melihat Puskesmas Pembantu (Pustu) yang berada di Gampong Panton Makmur tepatnya di Simpang Tiga Lhok Pawoh, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sungguh menyedihkan. Selain kondisi fisik bangunannya yang terabaikan, bangunan permanen ini di kelilingi semak rerumputan.

Dari amatan awak media ini, Sabtu (22/6/2019) pagi, Pustu yang menjadi pusat bantuan kesehatan masyarakat setempat seakan tidak pernah tersentuh tangan manusia untuk merawatnya. Bahkan, Pustu tersebut tidak memiliki pagar karena sudah patah-patah.

BACA..  ACT dan MRI Ajak Komunitas Kolaborasi Peduli Korban Erupsi Semeru

Selain terlihat kotor dan acak-acakan, kondisi Pustu yang baru berusia beberapa tahun setelah di bangun ini sudah mulai rusak dibagian plafon terlihat mulai rusak dam sudah seperti termakan usia yang sangat membahayakan pasien yang berobat ke Pustu tersebut.

Samsuar, salah seorang warga gampong sekitar mengakui, selain kondisi yang sangat menyedihkan itu, pelayanan di Pustu kebanggan masyarakat itu dalam beberapa pekan terakhir ini juga kurang maksimal.

BACA..  Polda Aceh Gagalkan Peredaran 133 Kilogram Sabu Jaringan Internasional

“Setiap pagi jam kerja warga yang ingin berobat selalu menunggu perawat datang ke Pustu ini berjam-jam, padahal warga butuh layanan kesehatan,” sebut Samsuar.

Akibat dari tidak maksimalnya pelayanan itu, sebut Samsuar, masyarakat yang datang ke banyak yang kecewa dan marah-marah karena tidak bisa mendapatkan layanan kesehatan.  “Jika kondisi Pustu dan perawatnya begini terus tidak disiplin, tidak bisa memberikan manfaat kepada warga tutup saja dari pada jadi sarang nyamuk dan disalahgunakan,” mintanya.

BACA..  ACT dan MRI Ajak Komunitas Kolaborasi Peduli Korban Erupsi Semeru

Sementara itu, Kadinkes Abdya, Safliati, SST Mkes ketika dikonfirmasi masalah tersebut melalui saluran selulernya mengatakan, dirinya tidak bisa menerima telepon karena lagi ada acara. “Maaf tidak bisa terima telepon, lagi ada acara pimpinan,” singkatnya.(TM).