Band Ethnic Aceh Masuk Nominasi AMI Awards 2020

oleh -150 views
example banner

Banda Aceh (AD)- Anugrah Musik Indonesia (AMI Awards) adalah sebuah ajang yang sangat bergengsi bagi para musisi di Indonesia. AMI Awards merupakan ajang penghargaan tertinggi bagi industri musik Indonesia yang statusnya setara dengan Panasonic Gobel Awards untuk industri televisi dan festival film.

Dari beberapa nominasi yang diperebutkan, dalam perhelatan Akbar tersebut, terdapat satu group musik (Band) yang berasal dari Aceh, Keubitbit Atjeh Ethnic Music.

Keubitbit Ethnic Music ini adalah sebuah group musik yang mengangkat ruh dan nuansa musik pesisir ujung Sumatera yang berasal dari Aceh.

“Keubitbit mencoba untuk mengexplore lebih jauh tentang seni musik tradisi yang Aceh yang di kemas dalam bentuk modern dan kontemporer. Karya Keubitbit banyak mengangkat pesan sosial, budaya dan masalah dari berbagai aspek,” ungkap Pendiri Keubitbit Atjeh Ethnic Music yang juga putra sulung Rafli KanDe, Alul dalam siaran persnya, kepada media ini, Rabu 21 Oktober 2020.

Alul hijrah ke Jakarta tahun 2011 dan mulai membentuk Keubitbit pada tahun 2014 silam tepatnya di bulan Juni.

Dengan penuh rasa bangga, Alul mengatakan, untuk pertama kalinya dalam sejarah musik Indonesia Aceh bisa masuk kedalam nominasi ajang AMI Awards yang merupakan ajang paling bergengsi dan sangat mengapresiasi para musisi di Indonesia untuk terus berkarya.

“Keubitbit Atjeh Ethnic Music berhasil masuk ke dalam salah satu nominasi di AMI Awards, yaitu kategori “Karya Produksi World Music Terbaik” dengan lagu Saban Sabee,” pungkasnya.

Lagu Saban Sabee ini adalah lagu ciptaan Rafli KanDe yang kemudian di arasement ulang oleh Keubitbit dalam bentuk kontemporer.

“Pesan dalam lagu ini juga menjadi salah satu bentuk persatuan. Dimana bila suatu persoalan dikerjakan bersama dan saling membantu, maka akan memberikan kekuatan terhadap persatuan,” jelas Pendiri Keubitbit.

Selain itu, ia juga menambahkan, lagu Saban Sabee ini telah dinikmati di berbagai platform digital seperti, iTunes, Spotify, Joox dan lain-lain.

“Video clipnya sudah bisa di akses pada akun YouTube Keubitbit (Keubitbit Saban Sabee) dan media sosial Keubitbit melalui Instagram (@keubitbit_am), Facebook (Keubitbit), serta Twitter (@keubitbit_am),” tutup Alul. (AF)