Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Wantannas RI Kunjer dan Tinjau Perkembangan Proyek Panas Bumi Jabou di Sabang

oleh

Sabang, (Atjeh Daily) Pada hari tanggal 20 September 2017 Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) melakukan Kunjungan Kerja (Kunjer), sekaligus meninjau lokasi pengeboran panas bumi di Gampong Jaboi Kecamatan Sukajaya Sabang.

Tim Wantannas saat tiba di pelabuhan Balohan Sabang disambit Wakil Walikota Sabang Drs H Suradji Junus, Danlanal, Dandim, Palaksa, Asisten II, Camat Sukajaya, Kepala PLN Ranting Sabang, Perwakilan PT. SGE, Martoyo dan Pj. Keuchik Jaboi.

Dalam sambutannya Wakil Walikota Sabang Drs H Suradji Junus menyampaikan sesuai agenda kedatangan Wantannas ke Sabang, dalam rangka memonitor terkait kegunaan energi panas bumi gunung Gampong Jaboi., katanya.

Lebih lanjut ditambahkan saat ini Kota Sabang kebutuhan energi listrik hanya menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Deisel (PLTD) dengan kapasitas 8.8 MW yang dinikmati 5,6 MW.

Maka nantinya jika proyek panas bumi Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG), kebutuhan listrik di Kota Sabang dapat terpenuhi dan mungkin bisa disuplai ke daerah daratan Aceh lainnya.

Termasuk juga jaringan listrik bawah laut, yang direncanakan akan di bangun. Sehingga Sabang menjadi daerah yang memproduksi energi listrik terbesar di Aceh.

Kunjungan Tim Wantannas ke Kota Sabang dan beberapa daerah lain di Aceh berjumlah 6 orang yang di Ketuai Laksda TNI. DR. Djajeng Tirto Soedarsono., terang Suradji Junus.

Dijelaskan, kunjungannya tim Wantannas ke Kota Sabang mengenai beberapa kajian salah satunya tentang energi listrik., jelasnya.

Dalam pertemuan dengan Pemko Sabang ketua tim Wantannas membahas beberapa hal menyagkut energi, hal ini dikarenakan permasalahan energi sudah menjadi isu Global/Internasional, Regional dan Nasional yang meliputi energi, pangan, pariwisata, lingkungan hidup yang diramalkan pada tahun 2030 persediaan energi fosil akan samakin menipis, untuk mengatasi permasalahan energi fosil yang semakin menipis.

Maka kita perlu melakukan usaha untuk merancang strategi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat, sehingga diharapkan kebutuhan energi baru dapat terbaharukan dalam rangka ketahanan Nasional bidang Energi dan mengharapkan pada tahun 2025 nanti.

Potensi energi baru terbarukan (EBT) Indonesia melalui potensi yang ada di Prov. Aceh dapat memenuhi kebutuhan dan permintaan energi Nasional.

“Dengan begitu harapan Pemerintah dan Presiden agar setiap daerah dapat mengelola secara langsung mengenai sumber daya energi yang ada didaerah nya masing-masing”. katanya.

Usai melakukan pertemuan dengan Muspida dan Muspida Plus Kita Sabang, tim Wantannas Menuju jaboi untuk meninjau lokasi PT. SGE, selanjutnya menyempatkan diri mengunjungi Kilometernol Indonesia.(jalal)