Juanhar Terima Mandat, Bereskan APDESI di Barat-Selatan

oleh -60 views
JUANHAR
Juanhar (kanan). Foto: Ist

 GOOGLE NEWS

SUKA MAKMUE (AD)– Juanhar, kepala desa (Aceh: Keuchik) termuda di Kabupaten Nagan Raya saat ini telah ditunjuk menjadi koordinator  Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) wilayah barat-selatan Aceh. Informasi tersebut disampaikan Juanhar melali pesan whatsapp, Sabtu, 20 Agustus 2022.

“Saya baru saja mendapat mandat untuk membentuk pengurus APDESI kabupaten-kota di wilayah barat selatan Aceh,” kata Juanhar.

Dalam surat mandat bernomor Nomor: 09/DPD/ACEH/V/2022 itu disebutkan, pasca telah dilaksanakan musyawarah IV Pusat Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI), maka Pengurus Pusat memerintahkan kepada seluruh Pengurus DPD APDESI se-Indonesia untuk dapat membentuk kepengurusan di tiap-tiap kabupaten /kota dalam wilayah Provinsi masing-masing.

“Atas dasar itu, Pengurus DPD APDESI ACEH melaksanakan instruksi DPP APDESI, untuk dapat membentuk Tim Korwil Barat Selatan untuk melaksanakan tugas pendataan kepengurusan DPC APDESI di setiap kabupaten kota yang berada di wilayah barat selatan, ” jelas Juanhar.

Dalam surat madat tersebut, selain dirinya juga terdapat nama Amin Saleh dan Rusman. Masing-masing diamanahkan sebagai sekretaris dan bendahara.

“Setelah menerima mandat ini, kami bertujuan untuk mempersatukan kepala-kepala desa di wilayah barat selatan Aceh., supaya kepala desa bukan hanya berkiprah di desa saja,” tekad Juanhar.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Gampong Ujong Padang, Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya itu juga berharap rekan rekannya yang sedang memangku amanah masyarakat untuk lebih jeli lagi menggali anggaran dalam rangka memajukan gampong (desa-red) yang sedang dipimpinnya.

“Jangan terpaku dengan dana desa. Perbesar wawasan dan membuka jaringan agar bisa menjemput bola agar bisa kita bawa pulang ke desa untuk membangun desa masing-masing,” ajak Juanhar.

Seperti diketahui, sosok Juanhar, kepala desa termuda se Nagan Raya dari Gampong Ujong Padang itu , saat Pilkades (Pilchiksung) berhasil meraih suara terbanyak dari lima calon lainnya, yakni 449 suara. Sedangkan nomor urut 3 Yulidar meraih 140 suara, sisanya Sapari 56 suara dan peserta Nomor 1 Miswanto 35 suara. Selanjutnya, peserta nomor urut 5 Marlija meraih 17 suara dan nomor urut 2 Edison Hasibuan  harus puas dengan 16 suara. (ril/MU)