Universitas Berperan Besar Dalam Modernisasi Negeri Tiongkok

oleh -27 views
Universitas
Universitas Tsinghua. (Easyuni.co.id)

BEIJING (AD)-Universitas terkemuka di Tiongkok akan menjalankan peran yang lebih besar dalam pembangunan nasional dalam lima tahun ke depan dan seterusnya. Keberadaan universitas diakui sejalan dengan tekad Tiongkok untuk menjadi pusat inovasi. Demikian informasi diterima Atjehdaily.Id, Rabu, 21 April 2021.

BACA..  Prajurit Kodim 0103/Aceh Utara Laksanakan Tes Urine

Tsinghua University, salah satu universitas yang paling bergengsi di Tiongkok, pasti menjadi pemain penting dalam perjalanan ini.

Ketika berkunjung ke universitas tersebut pada Senin lalu, Presiden Tiongkok Xi Jinping mengemukakan keinginannya untuk membangun universitas-universitas kelas dunia dengan ciri khas Tiongkok dalam rangka revitalisasi nasional.

BACA..  Prajurit Kodim 0103/Aceh Utara Laksanakan Tes Urine

Kunjungan ini dilakukan Xi menjelang peringatan hari jadi Tsinghua University yang ke-110. Xi, juga menjabat Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok (CPC), atas nama Komite Sentral CPC, mengucapkan selamat kepada para tenaga pengajar, mahasiswa, dan lulusan universitas tersebut.

Tiongkok “semakin” membutuhkan wawasan ilmiah

Xi mengunjungi Academy of Arts and Design, laboratorium yang meneliti pencitraan dan kemutakhiran teknologi, sebuah pameran tentang sejumlah pencapaian penting Tsinghua University dalam bidang pendidikan dan penelitian ilmiah, serta gedung olahraga.

Dia juga mempelajari reformasi Tsinghua University, pengembangan SDM, inovasi dalam pendidikan dan penelitian ilmiah, serta peran universitas tersebut dalam pembangunan nasional. Setelahnya, Xi bertemu dengan perwakilan tenaga pengajar dan mahasiswa dalam sebuah simposium, serta menyampaikan sebuah pidato.

Pada tahun ini, CPC juga merayakan hari jadinya yang ke-100, seperti yang disampaikan Xi, dan dia juga menjelaskan, tahun 2021 menjadi awal dari kiprah baru Tiongkok menuju modernisasi sosialis. “Pembangunan yang dijalankan Tiongkok dan partai penguasa semakin memerlukan peran pendidikan tinggi, wawasan ilmiah, serta SDM unggulan,” jelas Xi.

Xi mendorong pemuda Tiongkok untuk mengemban tanggung jawab historis dan berjuang untuk melaksanakan revitalisasi nasional.

Dalam Garis-Garis Besar Rencana Lima Tahun Ke-14 (2021-2025) untuk Pembangunan Ekonomi dan Sosial di Tingkat Nasional serta Target-Target Jangka Panjang hingga 2035, Tiongkok akan mengupayakan pembangunan yang berorientasi pada inovasi, serta berjuang untuk membuat sejumlah terobosan besar dalam teknologi penting dan inti.

“Inovasi menjadi inti dari modernisasi Tiongkok,” seperti yang tercantum dalam rencana tersebut, serta memerlukan peningkatan kemandirian bangsa dalam sains dan teknologi.

Tiongkok juga bertekad untuk mendukung perkembangan berbagai universitas riset yang bermutu, serta membina bakat-bakat unggulan dalam sains dan teknologi.

Xi mendorong Tsinghua University agar meningkatkan disiplin dan spesialisasinya, serta mengembangkan bakat-bakat dalam bidang-bidang sains dan teknologi baru dan penting. Dia meminta Tsinghua University untuk mendobrak kendala-kendala yang dialami teknologi penting dan inti.

Xi dan Tsinghua University

Tsinghua University berdiri pada 1911 di Beijing, menjelang akhir Dinasti Qing (1644-1912).

Setelah pendirian Republik Rakyat Tiongkok pada 1949, Tsinghua University dilebur menjadi sebuah politeknik yang berfokus pada ilmu teknik. Sejak Tiongkok menjalankan reformasi dan kebijakan terbuka pada 1978, Tsinghua University pun secara bertahap menjadi universitas riset yang lengkap, memiliki 21 fakultas dan 59 program studi.

Ketika berusia 20-an tahun, Xi mempelajari sintesis organik dasar di Program Studi Teknik Kimia dari 1975-1979.

Setelah Xi menjadi pejabat senior di Provinsi Fujian, Tiongkok Tenggara, dia mengikuti program pascasarjana dalam ikatan dinas untuk mempelajari teori dan ideologi Marxis, serta menempuh pendidikan politik di Fakultas Humaniora dan Ilmu Sosial di Tsinghua University dari 1998-2002, lalu meraih gelar Doktor Ilmu Hukum.

Kunjungan Xi pada Senin lalu merupakan kunjungan keduanya ke Tsinghua University dalam setahun terakhir. Pada 2 Maret 2020, Xi berkunjung ke Fakultas Kedokteran di universitas tersebut, dan mempelajari perkembangan riset ilmiah tentang Covid-19.

https://news.cgtn.com/news/2021-04-19/Chinese-President-Xi-Jinping-inspects-Tsinghua-University-ZAlAUAd2zC/index.html 

http://www.cgtn.com