Komunitas Pijay Gleeh Bersihkan Sampah di Gampong Manyang Lancok

oleh -74 views
example banner

example banner

Laporan | Teuku Saiful

Pidie Jaya (AD) – Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2021 Komunitas Pijay Gleeh bersama dengan Masyarakat Gampong Manyang Lancok dan sejumlah unsur dari berbagai organisasi di Pidie Jaya melakukan kegiatan penyisiran sampah dengan menyasar sejumlah tempat pembuangan sampah liar atau ilegal yang ada di Gampong Manyang Lancok, Minggu (21/02/21).

Sejak pagi, sekitar pukul 09.00 WIB ratusan perwakilan organisasi peduli lingkungan bersama masyarakat menyebar dan memonitoring keberadaan sampah. Salah satu titik yang menjadi sasaran adalah tempat pembuangan sampah ilegal di samping Jembatan gantung yang menghubungkan (Gampong Manyang – Gampong Geunteng) Kecamatan Meurah Dua.

BACA..  Empat Desa di Tanah Jambo Aye Ikut Pembekalan SDG's Tahun 2021

Disini banyak dijumpai tumpukan sampah yang berserakan. Peserta langsung membersihkan dan mengangkut sampah menggunakan becak menuju TPA.

Ketua Komunitas Pijay Gleeh, Fazli Husin mengatakan, bahwa kegiatan bersih-bersih sampah ini selain untuk memperingati HPSN 2021 juga untuk mengajak masyarakat agar cinta akan kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Adapun pembersihan sampah di samping jembatan gantung dilakukan bersama organisasi atau ormas peduli lingkungan dengan masyarakat Gampong Manyang Lancok, Kecamatan Meureudu, Para relawan kebersihan ini berhasil mengumpulkan sampah yang bisa di garuk dengan menggunakan peralatan seadanya, karena ini perlu alat berat untuk membersihkan sampah di sini, ujar Fazli.

BACA..  Tahap I Penerima Zakat dan Infak di Bireuen mencapai Rp1,4 Miliar

“Kita mengharapkan agar masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan. Dimulai dari hal yang paling mudah yakni tidak membuang sampah sembarangan. Tanamkan kebiasaan ini sejak dini pada anak-anak,” kata Miswar Keuchik Desa Manyang Lancok.

Kedepan, pihaknya juga akan mengembangkan Bank Sampah untuk masyarakat pedesaan agar pengelolaan sampah bisa berjalan baik.

“Selain lingkungan bersih, juga bisa mendorong kreativitas masyarakat,” pungkas Fazli Husin (*).