banner 700250

Tugu Keserasian Sosial Jadi Pengingat Keharmonisan

oleh -89 views

KUALASIMPANG (AD) – Tugu Keserasian Sosial di Kampung Rantau Panjang, Kecamatan Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh. Diharap jadi tonggak pengingat masyarakat agar senantiasa menjaga perdamaian di wilayah masing-masing.

“Kami harapkan kedepan suasana kebersamaan, keamananan dan ketertiban masyarakat akan selalu terjaga dengan kondusif,” kata Kadinsos Aceh Tamiang, Alijon, SE kepada atjehdaily.id, Selasa, 6 Oktober 2020.

Tugu itu merupakan pertanda, pengingat agar masyarakat senantiasa menjaga perdamaian di desa. Selama ini, Kampung Rantau Panjang cukup kondusif, sehingga ia berharap hal itu tetap dijaga bahkan ditingkatkan.

BACA..  Belajar Dari Pengalaman Pahit Untuk Berhasil

Secara khusus, pihaknya menginginkan Kampung di Kecamatan Karang Baru bahkan dapat mencontoh Kampung Rantau Panjang yang selama ini terkenal, memiliki hubungan antar umat beragama yang harmonis.

Sementara itu, Camat Karang Baru, Iman Suhery, S. STP mengatakan Kampung Rantau Panjang membentuk Forum Keserasian Sosial pada tahun 2019, sebagai upaya menangkal konflik sosial.

BACA..  Rakyat Datang Camat Menghilang

Dia mengatakan, forum itu mendapat alokasi program dalam bentuk non fisik maupun fisik, yakni berupa pengerasan jalan produksi sepanjang 1000 meter dan pembangunan tugu keserasian sosial dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI, untuk melaksanakan kegiatan keserasian sosial.

Kegiatan non fisik yang dilakukan adalah dialog tematik (sarasehan) desa, dalam rangka mencari upaya penyelesaian terhadap berbagai potensi konflik yang ada, dengan melibatkan berbagai pihak di desa.

Sedangkan kegiatan fisik, lanjut dia, forum keserasian sosial memotori tersedianya fasilitas umum kebutuhan masyarakat seperti jalan produksi dan tugu keserasian sosial. (Syawaluddin)